Yusuf Khudri Teliti Determinan dan Peran Strategi Sistem Informasi Perusahaan Publik Berbasis Laporan Tahunan 2015 – 2017

0

Yusuf Khudri Teliti Determinan dan Peran Strategi Sistem Informasi Perusahaan Publik Berbasis Laporan Tahunan 2015 – 2017

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – Program Pascasarjana Ilmu Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia melangsungkan sidang terbuka Promosi Doktor Tubagus Muhamad Yusuf Khudri (1206314200) yang berlangsung di Auditorium Pascasarjana, Gedung Pascasarjana, pada Kamis (16/1/2020).

Sidang Promosi Doktor ini diketuai oleh Prof. Nachrowi Djalal Nachrowi, dengan pembimbing, Prof. Dr. Lindawati Gani (Promotor), Dr. Chaerul D. Djakman (Ko-Promotor 1), dan Dr. Siti Nurwahyuningsih Harahap (Ko-Promotor 2). Selaku tim penguji, Dr. Sylvia Veronica Nalurita Purnama Siregar (Ketua Penguji), Dr. Ancella Anitawati Hermawan, Dr. Gede Harja Wasistha, Dr. Setyo Hari Wijanto, dan Dr. Irwan Djaja.

Disertasi yang diangkat oleh Promovendus, berjudul “Determinan dan Peran Strategi Sistem Informasi atau Teknologi Informasi Perusahaan Publik di Indonesia: Pendekatan Empiris Berbasis Laporan Tahunan 2015 – 2017”. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti determinan dan peran dari strategi sistem informasi/teknologi (SI/TI) pada perusahaan-perusahaan publik di Indonesia.

Penelitian ini menguji strategi perusahaan, jenis kantor akuntan publik, jumlah segmen usaha dan free cash flow sebagai determinan strategi SI/TI, dan menguji peranan/pengaruh/strategi SI/TI terhadap kinerja, serta menguji pengaruh moderasi strategi SI/TI terhadap hubungan. Penelitian ini mengembangkan pengukuran strategi SI/TI yang berbasis laporan perusahaan tahunan.

Klasifikasi strategi SI/TI perusahaan ditetapkan berdasarkan unsur-unsur SI/TI yang dilaporkan dalam laporan perusahaan tahunan, penelitian ini menggunakan 104 kata kunci yang dijadikan dasar pembentukan klasifikasi strategi SI/TI.

Penelitian ini mengambil sampel perusahaan-perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2015 – 2017. Hasil pengujian empiris membuktikan bahwa strategi SI/TI, tidak dipengaruhi secara langsung oleh jenis kantor akuntan publik, jumlah segmen usaha perusahaan dan free cash flow.

Hasil pengujian empiris juga membuktikan bahwa strategi SI/TI memiliki pengaruh langsung terhadap strategi perusahaan, namun tidak memiliki pengaruh moderasi terhadap hubungan antara strategi perusahaan dan kinerja.

Hasil ini menunjukkan bahwa perusahaan harus cermat dalam menetapkan strategi SI/TI demi tercapainya tingkat kinerja perusahaan yang diharapkan, cermat mengelola keselarasan dinamis antara strategi SI/TI, dan strategi perusahaan. Perusahaan juga harus cermat dalam penunjukkan kantor akuntan publik sebagai ‘agent of change’ dalam inovasi SI/TI di perusahaan, di samping mengelola segmen bisnis perusahaan dan free cash flow perusahaan.

Dengan demikian, Dewan Pimpinan Sidang terbuka promosi doktor memutuskan, Tubagus Muhamad Yusuf Khudri (1206314200) dinyatakan lulus dengan predikat Memuaskan dan berhasil mendapat gelar Doktor yang ke-74 Bidang Ilmu Akuntansi. Selamat kepada Dr. Tubagus Muhamad Yusuf Khudri! (Des)