Puspita Rani Kaji Kinerja Jangka Panjang dan Kualitas Laba Berdasarkan Motif dan Pengungkapan

0

Puspita Rani Kaji Kinerja Jangka Panjang dan Kualitas Laba Berdasarkan Motif dan Pengungkapan

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – Program Pascasarjana Ilmu Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia menyelenggarakan sidang terbuka Promosi Doktor Puspita Rani (1206310083) yang berlangsung di Auditorium Pascasarjana, Gedung Pascasarjana, pada Senin (13/1/2020).

Sidang Promosi Doktor ini diketuai oleh Prof. Nachrowi Djalal Nachrowi, Ph.D., dengan pembimbing, Dr. Darminto (Promotor), Elvia Rosantina Shauki, Ph.D. (Ko-Promotor 1), dan Ir. Ruslan Prijadi, Ph.D. (Ko-Promotor 2). Selaku tim penguji, Dr. Sylvia Veronica NPS (Ketua Penguji), Prof. Dr. Roy Sembel, Dr. Budi Frensidy, Dr. Gede Harja Wasistha, dan Dr. Eugenia Mardanugraha.

Disertasi yang diangkat oleh Promovendus, berjudul “Analisis Kinerja Jangka Panjang dan Kualitas Laba Perusahaan Pasca Merger dan Akuisisi di Asia Berdasarkan Motif dan Pengungkapan, Dimoderasi oleh Corporate Governance”. Disertasi ini membahas dampak perbedaan motif M&A terhadap kinerja jangka panjang dan kualitas laba perusahaan pasca M&A serta peran moderasi corporate governance, baik pada tingkat perusahaan maupun tingkat negara terhadap hubungan antara motif M&A dan kinerja jangka panjang.

Selain itu, penelitian ini juga menganalisis pengaruh motif M&A terhadap tingkat pengungkapan transaksi M&A serta dampak dari tingkat pengungkapan tersebut bagi kinerja jangka panjang serta kualitas laba perusahaan pasca M&A. “Penelitian ini berfokus pada pemisahan persepsi motif M&A dari investor menjadi motif sinergi dan agensi berdasarkan reaksi investor saat pengumuman M&A dilakukan,” kata Puspita Rani.

Penggunaan variabel-variabel akuntansi terkait dengan karakteristik dalam memprediksi kelompok motif M&A juga menjadi alternatif ukuran motif M&A tambahan yang digunakan dalam penelitian ini. Sementara, penelitian ini dilakukan secara lintas negara dengan menggunakan sampel kasus M&A yang terjadi di 11 negara Asia selama periode 2002 sampai dengan 2012.

Lanjut dia, dengan menggunakan metode cross-sectional ordinary least square, hasil analisis menunjukkan bahwa perbedaan motif dalam keputusan M&A merupakan faktor penting yang menjelaskan perbedaan kinerja jangka panjang yang dihasilkan perusahaan pasca M&A, yaitu M&A bermotif sinergi menghasilkan kinerja yang lebih baik dibandingkan M&A motif agensi, dan mekanisme corporate governance yang diterapkan perusahaan terbukti dapat lebih memaksimumkan dampak positif tersebut.

Temuan lain dari penelitian ini menunjukkan bahwa motif M&A juga menjadi faktor penting yang menjelaskan tingkat pengungkapan informasi M&A yang kemudian terbukti dapat meningkatkan kualitas laba perusahaan pasca M&A. “Penelitian ini tidak dapat membuktikan pengaruh signifikan antara motif M&A terhadap kualitas laba, pengaruh tingkat pengungkapan M&A terhadap kinerja jangka panjang serta peran moderasi corporate governance tingkat negara,” tutupnya.

Dengan demikian, Dewan Pimpinan Sidang terbuka promosi doktor memutuskan, Puspita Rani (1206310083) dinyatakan lulus dengan predikat Sangat Memuaskan dan berhasil mendapat gelar Doktor yang ke-72 Bidang Ilmu Akuntansi. Selamat kepada Dr. Puspita Rani! (Des)