Jean Richard Kaji Faktor Pengaruh Proses Pengambilan Keputusan Stratejik Secara Heuristik Terhadap UKM Konstruksi di Papua

0

Jean Richard Kaji Faktor Pengaruh Proses Pengambilan Keputusan Stratejik Secara Heuristik Terhadap UKM Konstruksi di Papua

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – Program Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia melangsungkan sidang terbuka Promosi Doktor Jean Richard (1506776963) yang berlangsung di Auditorium Pascasarjana, Gedung Pascasarjana, pada Senin (13/1/2020).

Sidang Promosi Doktor ini diketuai oleh Prof. Susiyati B. Hirawan, Ph.D., dengan pembimbing, Rofikoh Rokhim, Ph.D. (Promotor), Riani Rachmawati, Ph.D. (Ko-Promotor 1), dan Dr. Mohammad Hamsal (Ko-Promotor 2). Selaku tim penguji, Prof. Firmanzah, Ph.D. (Ketua Penguji), Dr. Anton Wachidin Widjaja, Sari Wahyuni, Ph.D., Dr. Setyo Hari Wijanto, dan Dr. T. Ezni Balqiah.

Disertasi yang diangkat oleh Promovendus, bertajuk “Faktor-Faktor yang Memengaruhi Proses Pengambilan Keputusan Stratejik Secara Heuristik Terhadap Project Output (Studi Empirik pada UKM Konstruksi di Papua)”. Proses pengambilan keputusan stratejik dalam sebuah perusahaan merupakan tahap paling krusial dalam keberlangsungan perusahaan.

Faktor eksternal dan internal menjadi elemen yang perlu diantisipasi dalam keputusan yang dibentuk dari proses ini. Perubahan aturan dari pemerintah, industri, sumber daya perusahaan, bahkan masyarakat lokal menjadi hal yang relevan untuk dipertimbangkan dalam mengambil sebuah keputusan stratejik yang diproses secara heuristik sehingga berpengaruh terhadap project output.

“Saat ini, penelitian akan proses pengambilan keputusan stratejik masih didominasi oleh perusahaan-perusahaan besar. Walaupun beberapa penelitian mampu menangkap proses dalam perusahaan kecil dan menengah konteks negara maju masih dominan dalam perkembangan teori proses pengambilan keputusan stratejik namun pengaruh faktor eksternal masih terbatas pada konteks industri,” tutur Jean Richard.

Sedikitnya penelitian akan konteks sosial dan pemerintah sebagai alasan untuk lebih lanjut menelaah akan pengaruh keduanya terhadap pengambilan keputusan stratejik secara heuristik. “Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa sumber daya perusahaan dan karakteristik pemerintah memengaruhi proses pengambilan keputusan stratejik secara heuristik,” imbuhnya.

Tambah dia, selain itu, seluruh faktor kecuali masyarakat lokal memiliki pengaruh signifikan terhadap project output. Peran heuristik memberikan kebaharuan dalam teori proses pengambilan keputusan stratejik. Karakteristik pemerintah, dan sumber daya perusahaan berpengaruh positif terhadap proses pengambilan keputusan stratejik secara heuristik.

Sedangkan lingkungan dan masyarakat lokal memperoleh hubungan tidak signifikan dengan proses pengambilan keputusan stratejik secara heuristik. “Selanjutnya, yang terpenting dalam penelitian ini adalah proses pengambilan keputusan secara heuristik ditemukan memengaruhi project outcome secara signifikan. Di sisi lain, penelitian ini menemukan bahwa karakteristik pemerintah dan sumber daya perusahaan berhubungan negatif dengan project output perusahaan konstruksi,” tutupnya.

Dengan demikian, Dewan Pimpinan Sidang terbuka promosi doktor memutuskan, Jean Richard (1506776963) dinyatakan lulus dengan predikat Memuaskan dan berhasil mendapat gelar Doktor yang ke-281 Bidang Ilmu Manajemen Stratejik. Selamat kepada Dr. Jean Richard! (Des)