Anda Dwiharyadi Teliti Masalah Keagenan pada Pengadaan Barang/Jasa Terhadap Kinerja Pemerintah Daerah

0

Anda Dwiharyadi Teliti Masalah Keagenan pada Pengadaan Barang/Jasa Terhadap Kinerja Pemerintah Daerah

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – Program Pascasarjana Ilmu Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia melangsungkan sidang terbuka Promosi Doktor Anda Dwiharyadi (1506771155) yang berlangsung di Auditorium Pascasarjana, Gedung Pascasarjana, Jumat (10/1/2020).

Sidang Promosi Doktor ini diketuai oleh Prof. Nachrowi Djalal Nachrowi, Ph.D., dengan pembimbing, Hilda Rossieta, Ph.D. (Promotor), Dr. Chaerul D. Djakman (Ko-Promotor 1), dan Prof. Dr. Bambang Pamungkas (Ko-Promotor 2). Selaku tim penguji, Dr. Darminto (Ketua Penguji), Dr. Dyah Setyaningrum, Dr. Binsar Hamonangan Simanjuntak, Dr. Rr. Trisacti Wahyuni, dan Dr. Djoni Hartono.

Disertasi yang diangkat oleh Promovendus, bertajuk “Masalah Keagenan pada Pengadaan Barang/Jasa dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pemerintah Daerah”. Ukuran/nilai dan kompleksitas merupakan dua dari permasalahan utama yang ditemukan dalam pengadaan barang/jasa pada pemerintah daerah di Indonesia. Selain dapat mendorong tercapainya kinerja yang optimal, nilai belanja pengadaan barang/jasa juga dapat membuka peluang terjadinya tindakan moral hazard.

Demikian juga tingkat kompleksitas pengadaan barang/jasa dimana terdapat argumentasi yang kontradiktif tentang dampak dari kompleksitas pengadaan barang/jasa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh ukuran/nilai pengadaan dan kompleksitas pengadaan barang/jasa terhadap kinerja pemerintah daerah dan kerugian negara. Penelitian ini juga mengembangkan indeks kompleksitas pengadaan barang/jasa yang mengacu pada penelitian terdahulu dan regulasi yang ada saat ini.

“Analytical Hierarchy Process diterapkan untuk memperoleh konsistensi logis dalam menentukan prioritas elemen dari tingkat kompleksitas. Penelitian ini dilakukan pada pemerintah daerah di Indonesia periode 2015 – 2016. Dengan menggunakan limited dependent variable regression models,” ucap Anda Dwiharyadi.

Selain itu, peneItian ini menemukan bahwa nilai pengadaan barang/jasa tidak hanya berpengaruh positif terhadap kinerja pemerintah daerah namun juga berpengaruh positif terhadap kerugian negara. “Sementara kompleksitas pengadaan barang/jasa berpengaruh positif terhadap kinerja kinerja pemerintah daerah dan berpengaruh negatif terhadap kerugian negara,” tambahnya.

“Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa selain dapat digunakan untuk mendorong tercapainya kinerja pemerintah daerah yang optimal, besarnya nilai pengadaan barang/jasa juga dapat digunakan sebagai media untuk melakukan tindakan moral hazard. Sementara tidak demikian hasil yang ditunjukkan oleh tingkat kompleksitas pengadaan barang/jasa,” tutupnya.

Dengan demikian, Dewan Pimpinan Sidang terbuka promosi doktor memutuskan, Anda Dwiharyadi (1506771155) dinyatakan lulus dengan predikat Sangat Memuaskan dan berhasil mendapat gelar Doktor yang ke-70 Bidang Ilmu Akuntansi. Selamat kepada Dr. Anda Dwiharyadi! (Des)