FEB UI Adakan Pelepasan Dekan Menjadi Rektor Universitas Indonesia 2019–2024 dan Sadli Professorship Award 2019

0

FEB UI Adakan Pelepasan Dekan Menjadi Rektor Universitas Indonesia 2019–2024 dan Sadli Professorship Award 2019

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – Menjelang Pelantikan Rektor UI Baru, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI menyelenggarakan Pelepasan Dekan FEB UI menjadi Rektor Universitas Indonesia 2019–2024 dan Sadli Professorship Award 2019 yang berlangsung di Lobi Dekanat, pada Selasa (3/12/2019).

Kegiatan ini dibuka oleh sambutan dari Dekan FEB UI sekaligus Rektor UI, sambutan dari Ketua Dewan Pengurus Yayasan Sadli. Dilanjutkan dengan penandatanganan perjanjian kerjasama (PKS) antara Yayasan Sadli dengan FEB UI. Kemudian, pemberian Sadli Endowed Professorship Award kepada perwakilan dosen dari masing-masing Departemen, yaitu Benedictus Raksaka Mahi dari Departemen Ilmu Ekonomi, Dony Abdul Chalid dari Departemen Manajemen, dan Yulianti Abbas dari Departemen Akuntansi.

Dekan FEB UI sekaligus Rektor UI yang lusa akan dilantik, Ari Kuncoro memberikan sambutan bahwa perjalanannya saat melangkah menjadi Dekan FEB UI pada tahun 2013, untuk memenage sebuah tim penelitian membutuhkan mindset dan keguyuban atau teamwork. Ibarat seorang manajer harus bisa mengkombinasikan dua hal yaitu bisa melihat secara keseluruhan dan turut serta di lantai dansa. Selain itu, saat pertama menjabat sebagai Dekan FEB UI ialah melakukan capacity development antara dosen dan karyawan.

Endowment Professorship yang disebut Sadli Professorship merupakan kontribusi sumbangan dana dari keluarga Saparinah Sadli atau Yayasan Sadli untuk FEB UI. “Sementara itu, saat menjadi Rektor UI, saya akan mengembangkan desain gedung di UI dengan konsep interior dan berbasis teknologi (IT) dengan kapasitas yang lebih besar. Selain itu, tidak hanya professorship award saja, namun akan berinovasi atau mengembangkan program lainnya seperti pelopor-pelopor yang bisa menghubungkan antara UI dengan universitas mitra di Luar Negeri dan membina penelitian jangka panjang,” tutup Ari Kuncoro di akhir sambutannya.

Ketua Dewan Pengurus Yayasan Sadli, Syahnan Poerba mengatakan tujuan dari Program Sadli Endowment Professorship adalah meningkatkan kualitas dan proses belajar-mengajar di FEB UI melalui peningkatan kompetensi pengajaran untuk mendapatkan akreditasi tingkat Internasional. Peningkatan kualitas SDM staf pengajar merupakan ujung tombak dari proses pembelajaran. Sebagai centre of excellence, Saparinah Sadli (Dewan Pendiri dan Pembina Yayasan Sadli) dan Ari Kuncoro ingin meningkatkan peringkat UI di kancah dunia menjadi peringkat top 200. Maka, dampak dari peningkatan peringkat tersebut ialah jumlah publikasi penelitian dosen pada jurnal bereputasi scopus. (Des)