Departemen Akuntansi FEB UI Adakan Lokakarya Metode Penelitian Kualitatif

0

Departemen Akuntansi FEB UI Adakan Lokakarya Metode Penelitian Kualitatif

 

Hana Fajria ~ Humas FEB UI

Depok – Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia kembali menyelenggarakan Kegiatan Workshop mengenai Qualitative Research Method and Case Study Design in Accounting dengan Narasumber Zubir Azhar, Ph.D , School of Management, Universiti Sains Malaysia. Acara yang berlangsung selama dua hari ini dimulai dari pukul 09.00 WIB sampai 16.00 WIB ini dilaksanakan di Ruang 401-402 Gedung Pascasarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, pada hari Senin-Selasa (4-5/12/2019).

Lokakarya ini dirancang untuk anggota fakultas dan mahasiswa Universitas Indonesia yang tertarik untuk belajar lebih banyak tentang atau memulai penelitian kualitatif. Tujuan dari lokakarya ini adalah untuk memperkenalkan audiens pada penelitian kualitatif, mengekspos audiens untuk mempertanyakan perkembangan, melakukan mock focus group untuk mempraktikkan pengumpulan data kualitatif, memberikan pengantar singkat tentang bagaimana menganalisis dan memanfaatkan data kualitatif, mengekspos audiens untuk penulisan proposal dengan mempertimbangkan pendekatan kualitatif, serta membagikan beberapa kiat bermanfaat tentang cara melakukan wawancara elit.

Kegiatan lokakarya ini diawali oleh pembukaan Ketua Departemen Ilmu Ekonomi FEB UI, Dr. Ancella A. Hermawan, MBA., CA., ACMA., CGMA. Pada hari pertama workshop, Zubir menjelaskan mengenai apa itu Penelitian Kualitatif, diawali dengan presentasi mengenai Pengantar metode penelitian kualitatif, dan dilanjutkan dengan memberikan contoh bagaimana penggunaan metode kualitatif dan menggali elemen-elemennya,

                                                             

                                                             

Pada hari kedua workshop, Zubir melanjutkan kegiatan lokakarya dengan penelitian studi kasus, seperti Analisis tematik dengan contoh penelitian kualitatif dan standar penulisan proposal penelitian dengan metode melakukan wawancara kualitatif.

Peserta workshop ini bukan hanya Anggota fakultas/ dosen saja tetapi mahasiswa magister dan doktoral program pascasarjana Akuntansi pun turut hadir. Workshop ini diharapkan dapat berbagi pengetahuan terbaru dalam menerapkan metode penelitian kualitatif dalam akuntansi, serta diskusi mengenai berbagai kemungkinan penelitian.