Inilah Rangkaian Kegiatan Hibah Peningkatan Mutu Program Pascasarjana Ilmu Ekonomi FEB UI

0

Inilah Rangkaian Kegiatan Hibah Peningkatan Mutu Program Pascasarjana Ilmu Ekonomi FEB UI

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – Program hibah peningkatan mutu Program Studi Pascasarjana Ilmu Ekonomi (PPIE) bekerjasama dengan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kemenristekdikti RI yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas Prodi S-2 dan S-3 di Indonesia masih terus berlanjut sesuai dengan jadwal.

Sehubungan dengan program tersebut, PPIE FEB UI mendapat amanah dari Kemenristekdikti untuk mendampingi 4 Perguruan Tinggi, yaitu Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin, Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Universitas Merdeka Malang, dan Universitas Nusa Bangsa (UNB) Bogor.

Rangkaian dari program hibah ini yang menjadi kegiatan terakhir adalah memberikan pelatihan penulisan jurnal internasional kepada para dosen dan para ketua program studi Ilmu Ekonomi.

Pada (19/11/2019), PPIE FEB UI mengirimkan delegasi, yaitu Djoni Hartono untuk memberikan pelatihan yang dimoderatori oleh Sugiharso Safuan di Program Studi S-2 yang berlangsung di Universitas Lambung Mangkurat (ULM). Acara dibuka oleh Dekan FEB ULM. Pelatihan ini diikuti oleh 10 peneliti yang sudah siap dengan naskah artikel untuk didiskusikan dengan narasumber.

Dalam pelatihan tersebut, membahas 3 tema penting, yaitu pertama, strategi memilih jurnal yang tepat. Kedua, kaidah penulisan artikel, menyiapkan artikel yang baik dan berkualitas dengan memperhatikan gaya selingkung. Ketiga, penulisan yang baik dari segi tampilan, substansi dan apa yang menjadi keingingan editor.

Kemudian, pada (27–28/11/2019), dilakukan juga kegiatan yang sama, namun bedanya diselenggarakan di Universitas Nusa Bangsa (UNB) Bogor. PPIE FEB UI sebagai Perguruan Tinggi pendamping, mengirimkan narasumber, Retno Sukardan Mamoto. Peserta yang hadir pun berjumlah 15 peserta dengan 5 artikel yang sudah siap.

Dan terakhir, pada (28/11/2019), PPIE FEB UI mengirimkan Mahjus Ekananda sebagai narasumber untuk memberikan workshop pelatihan penulisan yang berlangsung di Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari. Bertindak sebagai moderator ialah Fachruroji yang juga menjadi anggota tim gugus kerja. (Des)