Asisten Dosen FEB UI Dapatkan Pembekalan Teknik Penulisan Akademik

Asisten Dosen FEB UI Dapatkan Pembekalan Teknik Penulisan Akademik

 

 

Melva Costanty – Humas FEB UI

 

DEPOK – Biro Pendidikan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia menyelenggarakan “Workshop Infografis, Mendeley dan Table of Content” di Lab. Komputer, Gd. A, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia, Kampus Depok (16/10/2019).

 

Arga Hananto, dosen sekaligus pengajar dalam sesi reference manajer dan table of content, memperkenalkan alternatif aplikasi reference manajer yang bisa dipakai, selain Mendeley ” Aplikasi End Note ini bisa mensubstitusi Mendeley. Fungsinya sama persis sebenarnya, hanya cara pakainya sedikit berbeda,” ujarnya.

Tidak seperti aplikasi Mendeley, yang gratis digunakan End Note merupakan aplikasi berbayar, namun dapat diakses gratis oleh civitas akademika UI. “Aplikasi ini memang berbayar, tapi mahasiswa dan civitas akademika UI mendapatkan akses gratis karena akses sudah dilanggan oleh Perpustakaan UI. Dalam email langganan perpustakaan ini ada serial number untuk install,” tambah Arga.

 

Stefanus Ferdi, pengajar dalam sesi Infografis sekaligus alumni FEB UI menyampaikan informasi secara visual harus memperhatikan banyak hal, seperti target audience, pemilihan desain yang sesuai kebutuhan, kesesuaian ukuran gambar dan tulisan, pemilihan headline yang tepat dan menarik, serta pencantuman sumber. Stefanus juga membagikan tips dan trik dalam membuat infografis. “Sebaiknya hindari informasi yang berlebihan, karena membingungkan pembaca. Atau sebaliknya, hanya menampilkan gambar atau tulisan dan angka saja tanpa cerita. Tone warna dan pemilihan gambar yang sesuai juga sebaiknya diperhatikan.” tambahnya.

Widiarini Sekar Adiningrum, mahasiswa semester 5 Jurusan Bisnis Islam mengaku untuk pertama kali menjadi Asisten Dosen untuk Mata kuliah Pengantar Komunikasi Bisnis dan Teknik Penulisan Akademik (PKB-TPA) ini. Pelatihan ini dirasa membantu untuk mempersiapkan diri sebagai asisten dosen mata kuliah ini. “Materi pertama itu membantu banget. Persiapan saya untuk membuat tulisan skripsi dan yang buat Photoshop (infografis) sendiri kita jadi tahu kalau minat membaca orang sudah mulai berkurang, jadi lewat infografis kita bisa menyampaikan lebih sederhana lagi informasi yang orang malas baca”

Tak hanya menjadi bekal untuk dibagikan pada mahasiswa dalam kelas yang akan diajar, imu ini juga bisa dibagikan ke adik tingkat, “Saya tahu di FEB, banyak mahasiswa yang minat untuk lomba juga. Ini akan bisa dibagikan ke adik tingkat juga, mungkin bisa membantu mereka untuk lomba, dalam membuat paper mereka,” tambahnya.

Peserta dari pelatihan ini merupakan calon asisten dosen mata kuliah PKB-TPA, Kegiatan merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap semester. (des)