Sistem Informasi Perusahaan Salah Satu Kunci Sukses Perusahaan

0

Sistem Informasi Perusahaan Salah Satu Kunci Sukses Perusahaan

 

 

Melva Costanty – Humas FEB

DEPOK – Depertemen Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia mengadakan Kuliah Umum dengan tema “Experiencing in Implementing Enterprise Informastion System” di Auditorium Soeria Admaja, Gd. Dekanat, Lt. 2, FEB UI, Kampus Depok (09/10/2019).

 

Riri Satria, Founder dan CEO of Value Innovation and Technology Advisory membagikan pengalamannya mengenai pelaksanaan Enterprise Resource Planning (ERP), Customer Relationship Manajement (CRM), Supply Chain Manajemen (SCOR), serta Business Intelegence (BI).

Riri menyampaikan bahwa Enterprise Resource Planning (ERP) seperti sistem yang ada di dalam tubuh manusia. Setiap transaksi ekonomi dan non-ekonomi akan tercatat, maka ERP merupakan database yang sangat besar. ERP dipergunakan untuk merencanakan sumber daya dengan baik. Sumber daya dimaksud termasuk sumber daya manusia dan kompetensinya, pengetahuan dan metode kerja, material dan pendukung produksi, teknologi, hasil dari barang yang dibuat, infrastuktur, serta modal.

Selain itu, Supply Chain Operation Reference (SCOR) merupakan bagian dari sistem informasi perusahaan. Perusahaan perlu mengerti mengenai rantai suplai (supply chain) untuk membangun strategi, seperti strategi untuk berkompetisi dan strategi mengenai rantai suplai. SCOR termasuk jaringan dari jasa, material/bahan dan arus informasi yang menghubungkan konsumen dengan perusahaan, pemenuhan kebutuhan di pasar, serta hubungan dengan distributor.

Customer Relationship Manajement (CRM) juga tak kalah penting. CRM memadukan strategi, metode bisnis dan teknologi untuk mencapai berbagai tujuan perusahaan, terutama perusahaan yang berorientasi pada konsumen. CRM menyediakan dukungan secara fungsional dari perusahaan hingga konsuen akhir. Bisnis yang baik dan sukses akan mempunyai pemahaman yang baik mengenai CRM.

Hal lainnya adalah Business Intelegence (BI) hubungan timbal balik antara perubahan dalam lingkungan bisnis dan keputusan yang dibuat oleh direksi perusahaan saat menentukan strategi yang efektif dan efisien. BI dilakukan dengan memanfaatkan data yang tersedia untuk menjadi pertimbangan dalam pengambilan keputusan terkait tujuan perusahaan.

 

 

 

 

 

Riri melengkapi penjelasannya dengan pengalamannya melalui studi kasus dalam setiap penjelasan. Riri berharap materi yang diberikan dalam kuliah umum ini dapat memberikan pandangan dan wawasan lebih dalam mengenai sistem informasi perusahaan di dunia yang sebenarnya. Riri juga berpesan untuk memperdalam metodologi jika tertarik dala bidang ini sebagai karir. “Metodologi itu penting, melalui metodologi kamu akan dapat menganalisa masalah dan menyampaikan cara mengatasinya ke client,” tambahnya.

 

 

 

 

 

Leave a Reply