FEB UI Meriahkan World Education Expo Indonesia 2019 di Surabaya

FEB UI Memeriahkan World Education Expo Indonesia 2019 di Surabaya

Delli Asterina ~ Humas FEB UI

SURABAYA – World Education Expo Indonesia (WEEI) merupakan pameran pendidikan yang diselenggarakan oleh MSW Global yang didukung oleh Kemenristek Dikti untuk universitas dalam negeri dan internasional serta sekolah khusus bagi para pelajar yang ingin mengetahui informasi seputar perkuliahan & jenjang pendidikan lebih tinggi sebelum terjun langsung ke dalamnya.

Pada tahun ini, WEEI 2019 mengusung tema “The Future in You”, artinya pameran pendidikan ini dapat membantu para siswa untuk menemukan dan menentukan masa depan yang ada di dalam diri mereka masing-masing. Pameran ini berlangsung di empat kota besar di Indonesia, seperti Medan, Jakarta, Surabaya, dan Bali.

Bagi siswa yang ingin melanjutkan kuliah di dalam dan luar negeri bisa langsung mendatangi setiap booth yang tersedia di gedung tempat pameran diselenggarakan. Siswa bebas mengajukan pertanyaan seputar persiapan untuk bisa kuliah di dalam maupun luar negeri. Tak hanya diisi dengan booth pameran dari setiap institusi pendidikan tinggi, disediakan juga bagi siswa untuk dapat mengikuti tes IELTS secara gratis. Sehingga, siswa dapat mengetahui sejauh mana kemampuan bahasa Inggris mereka.

WEEI ini terbuka untuk umum dan gratis. Jumlah pengunjung pameran ini sebanyak 673 orang berasal dari SMA atau SMK, Universitas di wilayah Surabaya. Pengujung yang datang sangat antusias dan memanfaatkan acara ini dengan sebaik-baiknya.

Untuk wilayah Surabaya diselenggarakan di Hotel Sheraton yang berlangsung pada Senin (30/9/2019). Berbeda dengan kota-kota lainnya, bila di Surabaya lebih dominan diikuti oleh Perguruan Tinggi dari luar negeri dibanding dalam negeri. Perguruan Tinggi dari luar negeri berasal dari Australia, Italia, Malaysia, India, Prancis, Singapura, Rusia, Belanda, Inggris, dan Amerika Serikat.

Para pengunjung sangat antusias mengelilingi stand booth Perguruan Tinggi untuk mendapatkan informasi yang mereka cari. Stand booth Universitas Indonesia, khususnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis sangat diminati oleh pengujung. Tak kurang dari rata-rata 187 pengunjung yang mendatangi stand FEB UI.  Rata-rata Jurusan yang diminati oleh pengunjung yang datang untuk Jenjang Program S-1 Kelas Internasional dan S1 Reguler yang lebih didominasi oleh Jurusan Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi.

Kemudian, Jenjang Program Profesi S-2 lebih didominasi oleh Magister Manajemen (MM), MAKSI-PPAk. dan MPKP sedangkan Jenjang S-2 Pascasarjana lebih dominan ke Jurusan Ilmu Ekonomi. Dan untuk Jenjang Program S-3 Pascasarjana lebih didominasi oleh Pascasarjana Ilmu Manajemen (PPIM).

Dengan terselenggaranya acara ini diharapkan dapat memberi ruang bagi siswa dan institusi yang terlibat untuk bertemu secara langsung. Selain itu, siswa memperoleh pengetahuan yang dibutuhkan untuk jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan memberi kesempatan kepada para siswa untuk mencari tahu Perguruan Tinggi mana yang kelak akan dituju.