Pengaruh Pekerjaan, Kemiskinan dan Pertumbuhan Ekonomi Dibagikan Dalam Kuliah Umum MEKK FEB UI

Pengaruh Pekerjaan, Kemiskinan dan Pertumbuhan Ekonomi Dibagikan Dalam Kuliah Umum MEKK FEB UI

Melva Costanty – Humas FEB

DEPOK – Penyebaran lapangan pekerjaan di desa dan kota terlihat bahwa kota mempunyai lebih banyak ragam lapangan pekerjaan dibandingkan dengan di desa. Lapangan kerja di desa masih terbatas pada sektor pertanian, perdagangan peternakan dan perdagangan. Bahkan terlihat di beberapa pulau tertentu, seperti Papua, yang masih menangkap hewan sebagai pekerjaan. Hal itu sedikit mengenai gambaran mengenai lapangan pekerjaan di Indonesia dan beberapa tantangannya. Pengaruh pekerjaan, tingkat kemiskinan dan Pertumbuhan ekonomi dibagikan oleh Maria Monica Wihardja, PhD (Economist, World Bank) dalam Seri Kuliah Umum yang diselenggarakan oleh Program Studi S2 Magister Ekonomi Kependudukan dan Ketenagakerjaan (MEKK), di Ruang kartono Gunawan, Gedung Lembaga Demografi, Lt. 3, FEB UI, Kampus Depok (20/09/2019).

Kuliah umum dengan tema “Jobs, Poverty Reduction and Growth: Some Findings” ini membagikan tantangan yang dihadapi indonesia terkait ragam pekerjaan baik yang formal maupun tidak formal, lapangan pekerjaan yang tidak merata, pekerja wanita, tingkat kemiskinan dan penggaruhnya terhadap pertumbuhan ekonomi.

Selain pemaparan materi, diskusi juga dilakukan melalui pertanyaan yang diajukan oleh sebagian besar mahasiswa pascasarjana MEKK dan dosen UI.