Praktisi EY Bagikan Pengalaman Merger dan Akuisisi pada Mahasiswa Akuntansi FEB UI

Praktisi EY Bagikan Pengalaman Merger dan Akuisisi pada Mahasiswa Akuntansi FEB UI

 

Melva Costanty ~ Humas FEB UI

DEPOK – Secara umum, merger merupakan proses penggabungan dua atau lebih perusahaan dengan dan hanya mempertahankan satu perusahaan. sedangkan akuisisi merupakan peleburan dua atau lebih perusahaan menjadi satu. Baik merger maupun akuisisi membutuhkan proses yang panjang untuk mencapai kesepakatan dan diumumkan ke publik. Hal ini yang dibagikan dalam ‘Sharing Session Behind The Scene of Deal Making: Introduction to Merger and Acuisition’ yang disampaikan oleh EY Transaction Advisory Services di Student Center, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia, Kampus Depok (05/09/2019).

 

Dalam sesi ini, diperkenalkan proses merger dan akuisisi, cara bekerja, orang yang berperan di dalamnya, serta pengalaman menangani berbagai proyek merger dan akuisisi. Sahala Situmorang, Partner EY sekaligus pembicara dalam sharing session ini menyadari mahasiswa-mahasiswa FEB UI cukup pintar, namun kurang percaya diri, “Mereka itu pintar banget. Pertanyaannya itu mereka sangat (memperlihatkan) mereka mengerti gitu, tapi ya kayak gitu, nggak confident, sementara di tempat saya banyak lulusan luar negeri. Mereka sebenarnya pemgetahuannya biasa saja, tapi bagaimana mereka mengartikulasikan pengalamannya dan confident-nya itu jauh dibanding dengan anak-anak kita yang lulusan sini. Saya pengen itu diubah.”

 

Sahala juga menyampaikan pesan untuk mahasiswa yang tertarik untuk menjadi profesional di bidang ini, “Lebih aktif mengikuti perkembangan di pasar ya. Jadi misalnya ada transaksi ini, mungkin dari yang dipelajari di buku, tapi update juga di koran, dibaca gitu. Itu aja. Seperti tadi, mereka nggak terlalu ngerti apa yang terjadi diluaran, kayanya baca koran juga nggak. Mungkin baca buku doang kali. Ya, nggak bisa gitu ini ‘kan sangat praktis pelajarannya. Jadi ya ikutin perkembangan gitu.”

 

 

 

 

 

 

Selain Sahala, hadir juga tim EY lainnya, Adhi Satya Pramana, Manajer EY, Harsyah Nurman Djumiril dan Kania Putri Zakira, Senior Associate EY juga membagikan pengalaman mereka. Empat orang tim yang hadir merupakan alumni FEB UI hadir untuk membagikan pengalaman mereka di dunia kerja. Sharing session ini merupakan kerjasama antara EY dan Departemen Akuntansi. (Des)