Lembaga Demografi FEB UI Kaji Dinamika Wanita Pekerja dan Pekerjaan Pengasuh Anak

Lembaga Demografi FEB UI Kaji Dinamika Wanita Pekerja dan Pekerjaan Pengasuh Anak

 

Melva Costanty ~ Humas FEB UI
Lembaga Demografi FEB UI menyelenggarakan seminar “Negotiating Work, Family and The Traffic: Care Centered Narrative on Married Women’s Employment in Greater Jakarta” dan “Baby Sitter: An Emerging Caring Occupation in Urban Indonesia” di Ruang Kartono Gunawan, Gedung Nathanael Iskandar, Lt. 3, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia, Kampus Depok (29/08/2019).

Pembicara pertama, Diahhadi Setyonaluri memaparkan dinamika wanita bekerja di wilayah Jabodetabek dalam mencari titik temu dalam bekerja, mengurus keluarga dan rumah tangga, serta menghadapi kemacetan. Diah mengatakan bahwa opportunity cost of work dibentuk dari konflik antara pekerjaan dan peran ibu rumah tangga. Hal ini dikaitkan dengan kesulitan untuk menemukan alternatif pengasuh (anak) yang dapat dipercaya, waktu yang dihabiskan untuk berpergian (dari rumah menuju kantor), lalu lintas yang padat, serta peraturan perusahaan (tempat bekerja) yang tidak ‘ramah’ terhadap ibu bekerja.
Pembicara kedua, Gita Nasution memaparkan hasil studi mengenai fenomena pertumbuhan pekerjaan sebagai pengasuh  atau dikenal sebagai baby sitter, dengan kompleksitas sosial yang menyertai. Jumlah perempuan yang menginginkan karir profesional, sejalan dengan kebutuhan pengasuh anak di perkotaan. Pekerjaan asisten rumah tangga atau dikenal dengan sebagai ART dan pengasuh anak menjadi pilihan bagi keluarga menengah keatas. Kedua pekerjaan ini pun menjadi bias fungsinya. Peran pengasuh  anak lebih formal dan profesional. Dalam hal ini agensi memiliki peranan penting. Agensi berperan sebagai fasilitator yang merekrut pengasuh, memberikan pelatihan yang dibutuhkan dan menyalurkan kepada keluarga.
Selain pemaparan hasil penelitian, terdapat sesi tanya jawab dan diskusi dengan peserta seminar. Seminar Reguler Lembaga Demografi kali ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan HUT Lembaga Demografi ke-55. Kegiatan ini yang bekerjasama dengan Fokum Kajian Pembagunan (FKP) ini dihadiri oleh mahasiswa pascasarjana lintar jurusan, dosen, peneliti dari lembaga pemerintah. (Des)