FEB UI Selenggarakan Yudisium Semester Genap 2018/2019 Jenjang Sarjana untuk Siap Beradaptasi Pada Dunia Nyata

FEB UI Selenggarakan Yudisium Semester Genap 2018/2019 Jenjang Sarjana untuk Siap Beradaptasi Pada Dunia Nyata

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia menggelar Yudisium Lulusan Semester Genap 2018/2019 Jenjang Sarjana (S-1) yang berlangsung di Auditorium Soeria Atmadja, pada Senin (26/8/2019).

Yudisium Program Sarjana tahun ini meluluskan 609 mahasiswa. Kegiatan ini dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi pagi diperuntukkan bagi Jenjang S-1 Ilmu Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Reguler & Paralel. Kemudian, sesi siang diperuntukkan bagi Program S-1 Ilmu Ekonomi Islam, Bisnis Islam, Kelas Khusus Internasional, dan Ekstensi.

Sesi Pagi: Yudisium untuk Program S-1 Ilmu Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Reguler & Paralel

Wakil Dekan 1, Beta Yulianita Gitaharie mengucapkan bahwa pada hari ini merupakan hari berbahagia, karena hari terakhir Anda menempuh pendidikan di FEB UI. Apabila kita mengingat 4 tahun yang lalu, Anda dahulu duduk di lantai ruangan ini dan saat ini posisi Anda didudukkan di acara yang berbahagia. Pendidikan Sarjana merupakan pendidikan dimana kita menyiapkan Anda untuk bisa beradapatasi dengan perubahan lingkungan dengan keahlian masing-masing.

“Suatu universitas dikatakan bereputasi baik, dilihat dari akreditasi yang diukur melalui reputasi akademik, penelitian, publikasi, dan pengabdian masyarakat. Kami juga mempunyai kebijakan baru untuk memberikan apresiasi berupa sertifikat dari Dekan apabila jurnal/hasil karya Anda berhasil terpublikasi di Q-4. Pada hari ini, kami secara resmi melepas Anda ke dalam kehidupan nyata sesuai profesi yang digeluti. Kami atas nama Pimpinan mengucapkan selamat atas kelulusan dan jagalah gelar Anda sebaik mungkin untuk membangun bangsa,” ucap Beta Yulianita Gitaharie.

Mahasiswa perwakilan wisudawan dari Program Studi Ilmu Ekonomi, Putra Prima Raka memberikan sambutan bahwa setelah berjuang selama beberapa tahun, akhirnya hari ini, kita sama-sama menikmati momen kelulusan yang telah diimpikan. FEB UI telah banyak mengubah hidup kita. Dimana ilmu yang kita miliki awalnya seperti kanvas kosong, kini telah terisi dengan berbagai goresan ilmu yang mempersiapkan kita untuk kehidupan selanjutnya.

“Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak sivitas akademika FEB UI yang berjasa dalam kelulusan ini. Tentu ini, bukanlah akhir dari perjalanan dan justru menandakan awal di mana harus mulai berdiri di atas kaki sendiri, menentukan arah hidup kita sendiri, sekaligus semangat untuk memulai menggariskan masa depan serta membangun negeri ini. Doakan kami, agar bisa terus membawa nama baik almamater UI khususnya FEB UI untuk bisa menjadi generasi yang berguna bagi bangsa dan negara yang bermartabat serta berintegritas,” tutur Putra Prima Raka.

Direktorat Digital Economy and Ecosystem Iluni FEB UI angkatan 88, Sally Taher mengatakan Iluni FEB UI mempunyai kegiatan-kegiatan yang bisa diakses di media sosial Iluni FEB UI. Saat ini, Anda merupakan Alumni FEB UI dan kami mengajak Anda untuk bergabung bersama keanggotaan Iluni FEB UI. Karena alumni FEB UI ialah alumni yang bersifat mandiri dan independen.

“Saya berpesan untuk Anda semua bahwa teruslah melakukan investasi dalam hidup ini. Ada 5 investasi yang harus Anda jalani, yaitu fashion, network sesama alumni, baca buku seluas mungkin, kompetensi, reputasi mengenai tulisan/hasil karya/profil Anda bisa dipromosikan melalui media sosial, dan be a master of life you deserve to create your own reality and enjoy freedom to choose before you reach forty,” ujar Sally Taher.

Sesi Siang: Yudisium untuk Program S-1 Ilmu Ekonomi Islam, Bisnis Islam, Kelas Khusus Internasional, dan Ekstensi

Wakil Dekan 1, Beta Yulianita Gitaharie mengatakan yudisium merupakan ritual akhir sekaligus meresmikan pernyataan kelulusan Anda dari FEB UI. Pendidikan tinggi FEB UI ini merupakan salah satu pilar untuk mencetak SDM yang unggul demi mempersiapkan generasi yang siap bersaing & beradaptasi di dunia nyata. Selain itu, menjaga reputasi akademik di nasional maupun Internasional. Saat ini, FEB UI sedang proses mencapai akreditasi Internasional, AACSB. Apabila nantinya sudah diperoleh maka akan berdampak pada reputasi FEB UI yang semakin dipandang & diakui oleh mata dunia.

“Di sisi lain, FEB UI berkolaborasi dengan industri dan menjalin kerjasama Internasional. Itu semua untuk tolak ukur akreditasi. Sekarang ini, Anda sebagai alumni FEB UI, apabila nanti dimintai survei oleh Fakultas maka isilah survei tersebut dengan sebaik-baiknya. Dengan hari ini, kami atas nama Pimpinan sangatlah bangga melepas Anda untuk beradaptasi di dunia nyata/kerja. Selamat berkarya dengan posisi yang digeluti serta pergunakanlah gelar tersebut untuk mengabdi pada negara atau tempat Anda berkarier,” imbau Beta Yulianita Gitaharie.

Mahasiswa perwakilan wisudawan dari Program Studi Ekstensi Manajemen, Putrie Aprillita Mantassya dalam sambutannya bahwa teringat ketika pertama kali kami menginjakkan kaki di FEB UI. Kala itu, kami sangat bersemangat dalam menyambut masa perkuliahan yang akan dijalani. Namun, berkuliah di FEB UI tidaklah mudah, rintangan demi rintangan mulai muncul, kami harus membagi waktu antara belajar, berorganisasi, bersosialisasi, dan bahkan ada yang harus membagi waktunya dengan bekerja. Meski sulit, kampus ini mengajarkan kami untuk memperoleh berbagai pengalaman dan menemukan jati diri yang dapat membawa kami menuju proses pendewasaan diri.

“Pada hari ini, sampailah kami pada momen, dimana kami akan meninggalkan status sebagai mahasiswa dan mengubahnya menjadi status alumni dari UI terutama FEB UI. Inilah titik awal untuk menyambut pengabdian yang nyata, saatnya untuk menjaga dan mengharumkan nama baik almamater dengan membuktikan bahwa lulusan FEB UI merupakan orang-orang terbaik, berkualitas, bermental tangguh, dan dapat diandalkan untuk meraih kesuksesan dimana pun kita berada. Dan ke depannya, saya harap dapat terus senantiasa menjaga tali silaturahmi di antara kita,” tambahnya.

Wakil Sekjen Iluni FEB UI sekaligus alumni angkatan 86, M. Fitriyadi menyampaikan bahwa alumni FEB UI saat ini sudah sangat menonjol di bangsa ini, seperti kementerian, pemerintahan, BUMN, perusahaan, industri. Banyak posisi kunci penting dalam bangsa ini, seperti Menteri, Bank Indonesia, BUMN, perusahaan swasta, dan industri yang berasal dari alumni FEB UI.

“Pengurus Iluni FEB UI saat ini sudah berjalan 8 bulan yang dipimpin oleh Destry Damayanti selaku Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia. Saya mengajak para lulusan tahun ini untuk segera bergabung ke dalam anggota Iluni FEB UI. Sosial media www.ilunifebui.org selalu aktif dalam memberitakan kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh Iluni FEB UI,” tutupnya. (Des)

 

Yudisium Sesi Pagi untuk Program S-1 Ilmu Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Reguler & Paralel

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Yudisium Sesi Siang untuk Program S-1 Ilmu Ekonomi Islam, Bisnis Islam, Kelas Khusus Internasional, dan Ekstensi