Pola Mobilitas Tenaga Kerja Menjadi Topik Seminar Reguler Lembaga Demografi FEB UI

Pola Mobilitas Tenaga Kerja Menjadi Topik Seminar Reguler Lembaga Demografi FEB UI

 

Melva Costanty – Humas FEB UI

DEPOK – Pekerja tidak selalu mempunyai tempat tinggal yang berdomisili sama dengan lokasi tempat kerjanya. Oleh krena itu, tidak jarang pekerja berangkst dari tempat tinggalnya lintas daerah, bahkan provinsi. Pola mobilitas dan ksitannya dengan pembangunan daerah menjadi topik dalam Seminar Reguler Lembaga Demografi yang mengangkat topik ‘Lobor Mobility and Reginel Development in Indonesia’ di Ruang Kartono Gunawan, Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia, Kampus Depok.

 

Tiga peneliti dari Lembaga Demografi, I Dewa Gede Karna Wisana, Rachmat Reksa Samudra dan Laurentius Dimas Styonugroho, melskukan penelitian mengenai pola mobilitas pekerja dan kaitannya denagn pembagunan daerah di Indonesia menggunakan data survey pekerja nasional tahun 2008 dan 2018. Mobilitas pekerja di indentifikasi dengan mengkasifikasikan mobilitas antar daerah kabupaten atau kota dan antarprovinsi.

 

Laurentius Dimas Setyonugroho, salah satu peneliti dalam studi ini mengatakan informssi yang terbatas menjadi tantangan tersendiri. “Ada beberapa pertanyaan yang kami h berusaja jawab, tapi di data tidak ada, maka kami tidak bisa melakukan analisis tersebut. Butuh data yang lebih banyak atau lebih advanced untuk melakukan hal tersebut.”

Seminar ini terbuka untuk umum dan dihadiri oleh mahasiswa, peneliti dan praktisi teksit bidang yang sama, salah satunya Yudi Fathul Amin, Staff subdit statistik mobilitas penduduk dan tenaga kerja, badan pusat statistik. Yudi mengatakan ia tertarik datang karena topik yang dibahas karena memang sesuai dengan tempat (bidang) saya bekerja. Saya tertarik dengan temuan baru dan pengentahuan baru yang mungkin nanti kedepannya, kami juag bisa meneliti dan mengkaji juga mengenai labor mobility ini secara lebih jauh lagi.”