Nurul Aisyah Kaji Faktor Penentu Tingkat Agresifitas Laporan Keuangan dan Pajak

Nurul Aisyah Kaji Faktor Penentu Tingkat Agresifitas Laporan Keuangan dan Pajak
Melva Costanty ~ Humas FEB UI
DEPOK – Program Pascasarjana Ilmu Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia mengadakan sidang terbuka Promosi Doktor Nurul Aisyah Rachmawati (1606940143), di Ruang 401, Gedung Pascasarjana, Selasa (16/07/2019).
Sidang promosi Doktor ini diketuai oleh Prof. Nachrowi Djalal Nachrowi, Ph. D., dengan pembimbing Prof. Sidharta Utama, Ph. D.  (Promotor), Dr. Dwi Martani (Ko-Promotor 1), dan Dr. Ratna Wardhani (Ko-Promotor 2). Selaku tim penguji Dr. Silvya Veronica NPS, Dr. Gede Harja Wasistha, Dr. Tubagus Chairul Amachi, Dr. Samingun, dan Dr. Mahjus Ekananda. 
 
Topik yang diangkat dalam disertasi berjudul “Analisis Determinan Tingkat komplementer Agresifitas Pelaporan Keuangan dan pajak, Serta Pengaruhnya Terhadap Modal Utang: Studi Lintas Negara.” Nurul memilih topik ini karena topik ini karena dari awal Nurul sudah memiliki ketertarikan terhadap topik ini. “Karena passion-nya dari awal sudah pajak. Daripada belajar konsep atau teori dari awal (jika memilih topik lain), jadi saya pilih melanjutkan itu.” ujar Nurul. 
Membagi waktu untuk mengerjakan disertasi dan keluarga menjadi tantangan tersendiri bagi Nurul. “Yang lebih berat adalah bagi waktu dengan keluarga, apalagi saya punya 2 anak kecil. Mereka maunya main mulu kalau saya ada di rumah. Jadi saya mengerjakan disertasinya pas tengah malam, pas dia tidur. Kalaupun siang diharuskan untuk mengerjakan,  paling saya lari ke kampus biar nggak digangguin ngerjainnya,” tambah Nurul.
Disiplin menjadi kunci ibu 2 anak ini dapat menyelesaikan disertasinya tepat waktu, “Jadi kalau sudah menulis disertasi itu beda dengan waktu kuliah. Kalau kuliah deadlinenya jelas, sementara kalau nulis disertasi itu yang jadi faktor kuncinya itu disiplin utk mengerjaklan disertasi kita. Pokoknya dikerjain, walaupun ada halangan apapun dikerjain aja solusinya, nggak ada hal lain.”
Selain itu, Nurul juga mempunyai strategi sendiri dalam pengerjaannya. “Kebetulan angkatan saya wajib publikasi. Jadi sebelum saya SAP, saya sudah collect data dan cicil satu paper dulu. Karena kalau publikasi  kita nggak tahu sampai kapan itu bisa publish. Jadi kita ambil jauh-jauh hari untuk submit paper-nya atau ikut conference. Nah, baru setelah itu kita kejar disertasinya. Jadi itu memang perlu beberapa strategi juga. Karena kita nggak bisa prediksi, ada jurnal yang setahun atau 2 tahun baru ke publish.”
Penelitian dalam disertai ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat komplementer agresivitas pelapusan keuangan dan pajak, serta menguji konsekuensi ekonomis terhadap biaya modal utang. Studi ini menemukan bahwa perusahaan yang menghadapi kendala keuangan cenderung memiliki tingkat komplementer agresivitas pelaporan keuangan dan pajak yang tinggi. Hal ini mengindikasikan bahwa karakteristik perusahaan dan negara dapat memengaruhi keputusan manajer dalam menyusun laporan keuangan dan pajak secara agresif pada saat bersamaan atau tidak. Penelitian ini menunjukkan  bahwa semakin tinggi tingkat komplementer agresivitas pelaporan keuangan dan pajak, semakin tinggi biaya modal utang. 
 
Dengan demikian, Dewan Pimpinan Sidang Terbuka Promosi Doktor memutuskan, Nurul Aisyah Rachmawati dinyatakan lulus dengan predikat Cum Laude dan berhasil mendapakn gelar Doktor yang ke-67 Bidang Ilmu Akuntansi. Selamat kepada Dr. Nurul Aisyah!