Sosialisasi Penerapan Manajemen Risiko di UI, FEB UI Berkomitmen Jadi Contoh Penerapan Terbaik

Sosialisasi Penerapan Manajemen Risiko di UI, FEB UI Berkomitmen Jadi Contoh Penerapan Terbaik

Delli Asterina ~ Humas FEB UI

Sosialisasi penerapan manajemen resiko UI ditujukan bagi Pimpinan, Struktural Departemen/Prodi, dan Lembaga FEB UI berlangsung di Ruang MR. Djokosoetono Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia . Pemateri dihadirkan langsung oleh tim dari Satuan Manajemen Resiko UI.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kedatangan tim Manajemen Resiko UI ke FEB UI, pada hari ini kita ingin mendengarkan sosialisasi mengenai manajemen resiko dari tim SMR UI. Resiko merupakan ketidakpastian yang akan selalu ada di setiap kegiatan yang kita lakukan dalam kegiatan organisasi. Sehingga strategi mitigasi dan meminimasi resiko yang terjadi perlu untuk dilakukan,” kata Dr. Beta Yulianita Gitaharie selaku Wakil Dekan 1 FEB UI.

“Berdasarkan peraturan MWA No.4/2015 Pasal 148 menyebutkan Rektor secara umum bertanggung jawab atas pelaksanaan pengelolaan risiko yang setidaknya meliputi Identifikasi, Asesmen risiko dan Mitigasi risiko. Untuk membantu pelaksanaan pengelolaan risiko maka Rektor membentuk suatu Unit Kerja Manajemen Risiko yang mandiri. Sehingga Setiap Kepala/Ketua/Pimpinan entitas anggaran/unit kerja bertanggung jawab atas efektivitas pengelolaan risiko di entitas/unit yang menjadi tanggung jawabnya,” ujar Yogo Purwono tim SMR UI.

“ERM dan Sasaran Strategis UI yaitu ERM membantu dalam upaya mencapai rencana strategis UI memastikan bahwa risiko-risiko yang dihadapi perseroan dikelola secara komprehensif dan terintegrasi untuk meningkatkan kinerja organisasi (enhanced performance)”.

“Tahapan ERM UI yaitu dengan mengidentifikasi resiko, analisis dan evaluasi risiko dengan menggunakan tabel kriteria asesmen risiko dengan menggunakan tabel kriteria dampak risiko UI, table velositas resiko dan table peta resiko UI (risk map), penanganan resiko, pelaporan dan pemantauan resiko,” ujar Maria Ulfah dari tim SMR UI.

Selain itu, dalam paparan tadi ada beberapa diskusi yang menunjukkan bahwa pihak FEB UI memiliki komitmen untuk nantinya bisa menerapkan manajemen risiko yang bagus dan terbaik.Untuk itu, sosialisasi ini bisa menjadi bekal dalam menerapkan manajemen risiko di setiap unit-unit, departemen, program studi dan lembanga di lingkungan FEB UI.