Tim Asesor BAN-PT Nilai Alumni MM FEB UI Unggul di Dunia Kerja dan Bisnis

Tim Asesor BAN-PT Nilai Alumni MM FEB UI Unggul di Dunia Kerja dan Bisnis

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – Magister Manajemen FEB UI melakukan visitasi akreditasi yang diasesori oleh Prof. Dr. Yuyus Suryana Sudarma, MS (Universitas Padjajaran) dan Prof. Augusty T. Ferdinand, Ph.D., (Universitas Diponegoro) yang berlangsung di ruang 216, Gedung MM, lantai 2, pada Jumat (12/7/2019).

Dekan FEB UI, Ari Kuncoro mengatakan FEB UI mempunyai Visi menjadi pusat pembelajaran ekonomi dan bisnis yang bereputasi baik di Asia sehingga berkontribusi terhadap pembangunan Indonesia dan masyarakat global. Sedangkan, Misi-nya memberikan kontribusi pada pengembangan pengetahuan di bidang ekonomi dan bisnis, menyiapkan pemimpin yang memiliki tanggung jawab sosial dan mampu menghadapi perubahan lingkungan global.

Tahun 2019, FEB UI dinobatkan sebagai sekolah bisnis terbaik di Indonesia dan dunia. Menurut QS World University Rankings terdapat 3 bidang ilmu yang menjadi dasar penilaian di sekolah bisnis, di antaranya akuntansi & keuangan berada di posisi 201-250, ekonomi & ekonometrik berada di posisi 301-350, serta ilmu sosial dan manajemen berada di posisi 215. Reputasi akademik dan pemberi kerja ialah dua faktor penyumbang skor tertinggi untuk ketiga bidang ilmu tersebut.

“Saat ini, FEB UI sedang proses menuju akreditasi Internasional AACSB yang disosialisasikan bagi sivitas akademika melalui pelatihan, mentoring oleh Prof. Dr. Samsinar dari Universitas Tun Abdul Razak Malaysia, Sistem Informasi Layanan Terintegrasi (SIANSI) untuk AoL, penyelarasan kurikulum, dan capacity building karyawan,” ujar Ari Kuncoro.

Ketua Program Studi MM, Rofikoh Rokhim memaparkan, MM FEB UI didirikan tahun 1988, dengan SK Pendirian tertanggal 17 Maret 1988 dengan Visi membangun pemimpin yang beretika, bertanggung jawab sosial dan mampu bersaing secara global, yang dapat berkontribusi terhadap kemajuan praktik bisnis dan manajemen. Sedangkan Misi-nya menyediakan pendidikan bisnis dan manajemen bagi pemimpin masa depan yang terkait dengan industri dan terhubung secara global.

Strategi pencapaian yang diterapkan oleh MM FEB UI bagi mahasiswa, di antaranya pengembangan kurikulum berbasis kompetensi yang disesuaikan dengan kebutuhan industri dengan tolok ukur pada sekolah bisnis dunia, peningkatan kerjasama dengan global partner, membekali mahasiswa dengan soft skill, peningkatan kualitas input, dan kegiatan ekstra kurikuler.

Selain itu, MM FEB UI menargetkan 8 kompetensi yang harus dicapai oleh lulusan MM FEB UI, yaitu integrated knowledge in business and management function, design thinking, critical thinking, ethics and social responsibility, global awareness, written communication, oral communication, research.

“Maka dari itu, lulusan MM FEB UI saat di dunia kerja mampu menjalankan fungsi manajer bisnis pada lini menengah & atas, mengembangkan praktek professional hingga menghasilkan karya inovatif & teruji, memecahkan permasalahan bisnis melalui pendekatan inter/multidisipliner, mengelola riset bisnis yang bermanfaat bagi masyarakat & mendapat pengakuan nasional dan internasional,” katanya.

Berdasarkan hasil penilaian tim asesor, Prof. Dr. Yuyus Suryana Sudarma, MM dari Universitas Padjajaran menilai bahwa data borang yang disajikan oleh Fakultas dan Prodi MM sudah ada semua dan sesuai arahan kami. Hanya saja, perlu dilengkapi dan diperbaiki secara rinci terhadap data borang yang disajikan oleh Fakultas.

Sedangkan, Prof. Augusty T. Ferdinand, Ph.D., dari Universitas Diponegoro menilai butir demi butir data yang disajikan masih harus ditambah dan sedikit diperbaiki. Hasil diskusi bersama pengguna & dosen serta wawancara dengan mahasiswa, alumni, user atau pengguna alumni berjalan dengan baik dan lancar. Selain itu, user atau pengguna alumni merasa puas dengan lulusan MM FEB UI karena berkompeten, unggul dan mudah beradaptasi dalam dunia kerja maupun bisnis. (Des)