Program KKI FEB UI Kembali Selenggarakan Acara Pelepasan Mahasiswa Ke Luar NegeriĀ 

Program KKI FEB UI Kembali Selenggarakan Acara Pelepasan Mahasiswa Ke Luar NegeriĀ 

Melva Costanty ~ Humas FEB UI

DEPOK – Program Kelas Khusus Internasional, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia menyelenggarakan Pelepasan bagi mahasiswa yang akan transfer ke universitas partner, baik untuk mahasiswa program dual degree maupun single degree. Acara ini dihadiri oleh Koordinator S1 Kelas Khusus Internasional (KKI), Isfandiary Djafaar, S.E., M. Soc. Sc, tenaga kependidikan program KKI, serta orang tua dan mahasiswa KKI FEB UI.

Dalam pembukaannya, Isfandiary Djafaar mengatakan FEB UI sudah sampai international level, baik lembaga maupun tingkat pendidikan, makanya membuat program studinya yang bisa memfasilitasi kebutuhan tersebut. “Kelas Khusus Internasional merupakan program perpanjangan kelas S1 Peguler. Program KKI FEB UI merupakan salah satu education investment. Universitas partner yang bekerja sama dengan Program KKI FEB UI merupakan universitas pilihan, yang lebih tinggi kualitasnya dari Universitas Indonesia,” tambahnya.

Dua mahasiswa senior KKI, Eversti Nevelia, mahasiswa jurusan Manajemen 2014 yang telah lulus dari Univeritas Groningen, Belanda dan Adinda Nur Larasati, mahasiswa jurusan Akuntansi 2016, yang sedang melanjutkan perkuliahan di University of Melbourne, Australia, membagikan cerita mengenai pengalaman mereka kuliah di luar negeri, hal-hal yang perlu diperhatikan dalan persiapan, maupun adaptasi budaya, serta tips-tips untuk bisa berhasil menyelesaikan kuliah di luar negeri.

Perwakilan orang tua murid,Basuki Kurniawan, orang tua dari Marvela Ester Kurniawan, mahasiswa jurusan Akuntansi, peraih IPK tertinggi dalam 4 semester terakhir, memberikan pesan dan harapannya, “Saya berpesan untuk menjaga kesehatan. Semoga sukses!”

Dalam melakukan persiapan, setiap mahasiswa mempunyai cara tersendiri. Ferel, mahasiswa Manajemen yang akan berangkat ke University of Melbourne mengatakan melalukan riset melalui teman-teman dan senior yang sudah terlebih dahulu kuliah disana. hal ini membuatnya merasa lebih siap untuk berangkat. Lain halnya dengan, Arita Anandari Buntara, mahasiswa yang akan berangkat ke University of Birmingham, mengaku selain mempersiapkan mental, ia juga mulai belajar masak di rumah. Mengetahui Inggris memiliki 4 musim, Arita juga mempersiapkan baju-baju yang mungkin diperlukan disana. Peran orang tua juga dirasakan, “Orang tua banyak mengingatkan cara manage waktu, manage keuangan sama manage kegiatan juga. Mereka juga titip pesan untuk akitf dalam banyak kegiatan sama mencari banyak connection juga disana,” tambah Arita.

Kegiatan Send Off merupakan kegiatan rutin tiap semester bagi Kelas Khusus Internasional FEB UI untuk melepas mahasiswa Kelas Khusus Internasional Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia dalam tugas belajar di luar negeri. Selain sesi sharing session, diumumkan juga 5 mahasiswa dengan IPK tertinggi selama 2 tahun belajar di KKI FEB UI, serta 3 mahasiwa yang mendapatkan beasiswa dari universitas partner.

Dalam kegiatan pelepasan di bulan Juli 2019 ini, program KKI FEB UI memberangkatkan total 53 orang mahasiswa yang terdiri dari 49 mahasiswa untuk Dual Degree dan 4 orang mahasiswa Single Degree. Dalam periode ini, University of Groningen menjadi universitas tujuan yang terbanyak yang menerima sebanyak 19 mahasiswa, disusul oleh University of Melbourne sebanyak 17 mahasiwa. (des)