FEB UI Sekolah Bisnis Terbaik di Indonesia Versi QS World University Rankings 2020

FEB UI Sekolah Bisnis Terbaik di Indonesia Versi QS World University Rankings 2020

Desti Fitriani – Sekretaris Pimpinan FEB UI

Depok (09/07/2019) – QS World University Rankings merupakan publikasi tahunan peringkat perguruan tinggi yang diterbitkan oleh Quacquarelli Symonds (QS) yang seringkali dijadikan rujukan kualitas di dunia pendidikan tinggi. Pada medio Juni 2019, QS menerbitkan rilis QS World University Rankings 2020. Metodologi pemeringkatan dilakukan berdasarkan 6 faktor metriks penilaian, yakni (1) reputasi akademik, (2) reputasi pemberi kerja, (3) rasio staf pengajar-mahasiswa, (4) jumlah sitasi per staf pengajar, (5) rasio staf pengajar internasional, dan (6) rasio mahasiswa internasional.

Ilmu bisnis selalu menjadi bidang ilmu favorit bagi para calon mahasiswa. Tak mengherankan karena lapangan kerja yang ditawarkan kepada para lulusan sekolah bisnis terbuka sangat luas. Semua jenis industri memerlukan tenaga yang ahli di bidang ekonomi, keuangan dan manajemen. Di tahun ini, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI dinobatkan sebagai sekolah bisnis terbaik di Indonesia. Terdapat tiga kekhususan bidang ilmu yang menjadi dasar penilaian di sekolah bisnis, yakni akuntansi dan keuangan, ekonomi dan ekonometrik serta ilmu sosial dan manajemen. Di bidang ekonomi dan ekonometri peringkat FEB UI di 301-350, meningkat tajam dari tahun sebelumnya di peringkat 351-400. Di bidang ilmu sosial dan manajemen, peringkatnya adalah 215, meningkat dari tahun sebelumnya di 218. Sedangkan di bidang ilmu akuntansi dan keuangan peringkat FEB UI di posisi 201-250. Reputasi akademik dan reputasi pemberi kerja merupakan dua faktor penyumbang skor yang tertinggi untuk ketiga bidang ilmu ini.

Di Asia, Universitas Indonesia menduduki peringkat ke-57, sedangkan untuk peringkat keseluruhan Universitas Indonesia di tahun 2019 ini menduduki peringkat ke-296 terbaik di dunia. Sedangkan universitas lainnya di Indonesia yang juga masuk dalam peringkat QS antara lain adalah Universitas Gadjah Mada yang menduduki peringkat 320 dan Institut Teknologi Bandung di peringkat 331 di dunia. (Des)

Leave a Reply