Eko Jatmiko Utomo Teliti Pengaruh Top Management Team dalam Pengambilan Keputusan Stratejik

Eko Jatmiko Utomo Teliti Pengaruh Top Management Team dalam Pengambilan Keputusan Stratejik

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – Program Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia menyelenggarakan sidang terbuka Promosi Doktor Eko Jatmiko Utomo (1206314062), di gedung Pascasarjana pada Rabu (3/7/2019).

Sidang Promosi Doktor ini diketuai oleh Prof. Susiyati B. Hirawan, Ph.D., dengan pembimbing, Prof. Firmanzah, Ph.D. (Promotor), Dr. Setyo Hari Wijanto (Ko-Promotor). Selaku tim penguji, Sari Wahyuni, Ph.D., (Ketua Penguji), Prof. Agus W. Soehadi, Ph.D., Prof. Martani Huseini, Ph.D., Ruslan Prijadi, Ph.D., dan Dr. Siti Yasmina Zubaedah.

Disertasi yang diangkat oleh promovendus, berjudul “Pengaruh TMT-Trust dan TMT-Collaboration dalam Pengambilan Keputusan Investasi Pra Studi Kelayakan: Studi Perusahaan Tambang BUMN dan Swasta di Indonesia”. Salah satu peran paling penting pemimpin perusahaan adalah menghasilkan keputusan stratejik yang efektif.

Keputusan stratejik yang dihasilkan akan menentukan tingkat daya saing perusahaan di dalam industri. Telah diketahui secara luas bahwa kepercayaan dan kolaborasi antar Top Management Team (TMT) memberikan dampak penting terhadap proses pengambilan keputusan stratejik. Selain itu juga diketahui bahwa proses pengambilan keputusan secara rasional komprehensif akan menentukan efektivitas keputusan yang dibuat oleh TMT.

Tujuan dari penelitian ini ialah mempelajari bagaimana hubungan kepercayaan dan kolaborasi antar anggota TMT terhadap seberapa komprehensif proses pengambilan keputusan yang mereka lakukan. Studi empiris telah dilakukan dengan mengembangkan model penelitian bagaimana proses pengambilan keputusan stratejik dilakukan di perusahaan tambang di Indonesia.

Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan SEM untuk menganalisis 267 responden yang mewakili perusahaan tambang, baik perusahaan tambang BUMN maupun swasta. Penelitian ini menemukan bahwa TMT Collaboration menjadi mediator dari TMT Trust terhadap proses pengambilan keputusan yang rasional komprehensif.

Untuk membuat proses pengambilan keputusan yang efektif, TMT harus memiliki kepercayaan dan kolaborasi yang tinggi antar mereka. Selain itu, proses pengambilan keputusan harus dilakukan secara komprehensif baik prosesnya maupun pembahasan isi keputusan yang akan dibuat.

Studi ini memberikan kontribusi kepada dunia akademis khususnya di bidang pembuatan keputusan stratejik. Temuan penelitian tentang hubungan TMT Trust dan TMT Collaboration terhadap pengambilan keputusan secara komprehensif baik proses dan pembahasan isi (content) akan memperkaya literatur bagaimana meningkatkan kinerja organisasi dengan melakukan proses pengambilan keputusan yang optimal dan efektif.

Kontribusi manajerial dihasilkan dari model proses pengambilan keputusan stratejik yang optimal dapat diterapkan di perusahaan untuk meningkatkan kinerja organisasi.

Dengan demikian, Dewan Pimpinan sidang terbuka promosi doktor memutuskan, Eko Jatmiko Utomo dinyatakan lulus dengan predikat Sangat Memuaskan dan berhasil mendapat gelar Doktor yang ke-275 Bidang Ilmu Manajemen Stratejik. Selamat kepada Dr. Eko Jatmiko Utomo! (Des)