FEB UI Mengadakan Rapat Koordinasi dan Pengisian Sistem Informasi Layanan Terintegrasi (SIANSI)

FEB UI Mengadakan Rapat Koordinasi dan Pengisian Sistem Informasi Layanan Terintegrasi (SIANSI)

 

Melva Costanty ~ Humas FEB

(Depok – 2019/06/20) Informasi yang terintegrasi menjadi kebutuhan bagi era digital sekarang ini. Informasi yang awalnya disimpan manual dan terpisah oleh masing-masing unit, dengan sistem terintegrasi dapat disimpan secara digital dan terpusat. Hal ini akan memudahkan dalam membuat laporan sekaligus pelacakan dokumen pendukung sebagai dasar analisa manajemen. Laporan yang terintegrasi, real time dan akurat, serta dokumen pendukung yang lengkap akan sangat membantu FEB UI. Salah satunya untuk mendukung kebutuhan akreditasi baik di tingkat nasional maupun internasional.

Hal ini disampaikan oleh Desti Fitriani, Sekertaris Pimpinan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB UI) saat membuka Rapat Koordinasi dan Review Pengisian Sistem Informasi Layanan Terintegrasi (SIANSI) di Lab. Komputer Departemen Manajemen. Rapat koordinasi ini dihadiri oleh Kepala Unit, Koordinator Tata Laksana Departemen dan operator SIANSI masing-masing program studi.

Desti juga menekankan agar Unit Kerja dan tenaga kependidikan terkait berpartisipasi aktif mengisi dan memperbaharui data SIANSI. “Kalau data SIANSI update, Bapak dan Ibu bisa menggunakannya untuk keperluan analisa dan kebutuhan unitnya. Selama masa pengembangan saat ini, unit kerja dapat berkoordinasi dengan Unit Perencanaan dan Pengembangan (Renbang). Namun, Unit Kerja juga dapat mengakses laporan sendiri untuk data terkait dengan unitnya masing-masing sesuai dengan hak akses. Ini proyek yang serius, karena Dekan juga menargetkan FEB UI mendapatkan akreditasi AACSB tahun 2021. SIANSI menjadi salah satu faktor pendukung yang sangat penting untuk akreditasi tersebut. Ini projek besar yang harus kita pikul bersama-sama. Ujung tombaknya ada di semua unit PAF, program studi dan departemen,” tambah Desti.

 

Narita Dini Anggraini, Kepala Unit Renbang FEB UI, melakukan review hasil pengisian data bersama peserta rapat. Tak hanya melakukan review hasil pengisian, disampaikan juga penjelasan mengenai alur dan proses pengisian data. Peserta juga melakukan praktik langsung pengisian data pada setiap menu, serta melakukan diskusi mengenai kesulitan yang dihadapi saat melakukan pengisian data dan kebutuhan menu tambahan yang belum ada di sistem ini.

 

 

SIANSI merupakan sistem yang mendukung layanan informasi terintegrasi fakultas yang dikembangkan secara mandiri oleh FEB UI sejak tahun 2015. Sampai saat ini SIANSI sudah mengembangkan beberapa menu-menu untuk menyimpan data-data terkait semua kegiatan dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan di lingkungan di FEB UI.  Selain mendokumentasikan data secara terintegrasi, laporan yang dihasilkan juga dapat menghitung nilai pencapaian kinerja dosen dalam bentuk SKS AACSB untuk kebutuhan akreditasi AACSB dan SKS FTE yang berguna sebagai data pendukung Thridarma Dosen yang diminta UI. (Des)