Rhenald Kasali Nilai Pengelolaan Arus Mudik 2019 Berkualitas

Rhenald Kasali Nilai Pengelolaan Arus Mudik 2019 Berkualitas

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – Guru Besar FEB UI sekaligus pakar manajemen, Rhenald Kasali menilai pelaksanaan mudik Lebaran 2019 sudah semakin baik dibanding tahun-tahun sebelumnya, tercermin dari penghematan waktu di perjalanan, hemat biaya dan relatif bebas macet.

Semua pihak sebelumnya memimpikan angkutan mudik untuk perjalanan darat, laut, dan udara yang begitu manusiawi. Terbukti, pada musim mudik tahun 2019 ini lah semua pihak sudah dapat merasakan suasana mudik aman, lancar, modern, namun juga tetap Indonesia yaitu gotong royong dan guyub rukun.

“Secara keseluruhan, mudik kali ini memang jauh berbeda. Sangat lancar, jauh lebih aman dan menyenangkan. Toiletnya bersih, rest area cukup banyak, polisi juga jauh lebih responsif dan ramah,” kata Rhenald Kasali dalam rilis tulisannya di Antaranews.com, Selasa (4/6/2019).

Hal ini didukung oleh pembangunan infrastruktur, seperti jalan Tol Trans Jawa, Trans Sumatera yang merupakan hasil sinergi dan hasil kerja keras pemerintah pusat, pemerindah daerah & BUMN-BUMN Karya.

“Jalan tol yang terhubung, yang membuat kita merasa lebih punya kepastian dalam bepergian bersama keluarga, lebih banyak berhemat waktu dan biaya, terbebas dari macet dari ujung sampai ke ujung, benar-benar kita rasakan mulai tahun ini,” tegasnya.

Namun, saat ini tambah Rhenald, kekurangannya hanya tinggal bandara yang tak seramai tahun-tahun sebelumnya, karena semakin melonjaknya harga tiket pesawat dan pilihan transportasi semakin banyak & terbuka. (Des)

 

Sumber: https://makassar.antaranews.com/berita/126766/rhenald-kasali-pengelolaan-arus-mudik-2019-berkualitas

Leave a Reply