Sambut Ramadhan 1440H Departemen Manajemen FEB UI Adakan Kajian Siraman Rohani

Sambut Ramadhan 1440H Departemen Manajemen FEB UI Adakan Kajian Siraman Rohani

 

Melva Costanty – Humas FEB UI

DEPOK – Menjalankan ibadah merupakan kewajiban umat beragama. Namun, hanya menjalankan saja tidak secara langsung menunjukkan ketakwaan seseorang. Ketaqwaan akan menambah kualitas ibadah seseorang, lebih dari sekedar menjalankan kewajiban. Secara umum, taqwa itu adalah takut kepada Allah. Rasa takut kepada Allah membuat seseorang berhati-hati berurusan dengan Allah. Dengan kehati-hatiannya, ia ingin sesuatu yg baik, maka dia akan disiplin dengan kehati-hatiannya. Selain itu, dia juga instrospektif dan evaluatif, dan korektif dalam menghadapi sesuatu yang buruk, yang tidak dia inginkan. Maka, bertaqwa punya 3 karakter sekaligus, yaitu disiplin, introspektif dan korektif.
Menjalankan sholat dapat menjadi contoh level kedisiplinan. “Disiplin tidak hanya sholat 5 waktu, tapi berjamaah. Namun, ada level disiplin yang lebih tinggi, bukan hanya sholat berjamaah, tapi sholat berjamaahnya di masjid atau di mushola. Ada juga yang level disiplinnya lebih tinggi lagi, bukan hanya sholat berjamaah di masjid atau mushola, tapi bahkan datang lebih awal untuk itikaf sambil menunggu waktu sholat. Ada yang lebih disiplin lagi, bahkan dia memperhatikan hal terkecil sebelum sholat, ‘baju saya pantas nggak ya buat sholat? Maka ia coba tampil, memberikan penampilan terbaiknya. Oleh karena itu, semakin tinggi disiplin kita, semakin baik performa kita dalam beribadah. Bagaimana dg kita?” ujar Ustadz Arsalsjah dalam tausiyahnya.

Ketaqwaan dalam melaksanakan ibadah disampaikan oleh Ustadz Arsalsjah dalam acara Buka Puasa Bersama Departemen Manajemen, di Gedung Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia, Kampus Depok.

Mengangkat tema ‘Tausiyah, Silaturahmi dan Buka Puasa Bersama di Bulan Ramadhan yang Penuh Hikmah’, acara Buka Puasa Bersama ini dibuka oleh Dony Abdul Chalid, Ketua Departemen Manajemen, Saritilawah AlQuran oleh Teguh Aji Kuntoro dan Achmad Yunus, serta Tausiyah bersama Ustadz Arsalsjah. Acara ini merupakan kegiatan yang rutin diadakan setiap bulan Ramadhan dan diikuti oleh dosen, asisten dosen, dan tenaga kependidikan Departemen Manajemen. (des)