Handyanto Widjojo Teliti Nilai Platform Co-Creation untuk Inovasi Pemasaran di Komunitas Perusahaan Kecil-Menengah

Handyanto Widjojo Teliti Nilai Platform Co-Creation untuk Inovasi Pemasaran di Komunitas Perusahaan Kecil-Menengah

 

Nino Eka Putra – Humas FEB UI

DEPOK – Program Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia mengadakan sidang terbuka Promosi Doktor Handyanto Widjojo (1406591592), di gedung Pascasarjana pada Jumat (17/5/2019).

Sidang Promosi Doktor ini diketuai oleh Prof. Susiyati B. hirawan, Ph.D., dengan pembimbing, Avanti Fontana, Ph.D. (Promotor), Gita Gayatri, Ph.D. (Ko-Promotor 1), Prof. Agus W Soehadi, Ph.D. (Ko-Promotor 2). Selaku tim penguji, Dr. Ignatius Heruwasto (Ketua Penguji), Daniel Tumpal Hamonangan Aruan, Ph.D., Dr. M Gunawan Alif, Dr. Nurdin Sobari, dan Sri Rahayu Hijrah Hati, Ph.D.

Disertasi yang diangkat oleh promovendus, berjudul “A Platform of Value Co-Creation for Marketing Innovation in the Small-Medium Enterprise Community”. Penelitian ini menawarkan gagasan baru tentang platform value co-creation pada komunitas usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) dimana interaksi multi aktor memegang peranan penting dalam menghasilkan integrasi sumber daya kolektif untuk mengatasi keterbatasan sumber daya individu serta peranannya dalam inovasi pemasaran.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui in-depth interview dan observasi, serta dilanjutkan dengan metode kuantitatif yang melibatkan 200 responden yang dipilih menggunakan purposive non-probability sampling. Responden ialah pemilik, manajer puncak, atau pengambil keputusan dalam UMKM yang menjadi anggota Komunitas Organik Indonesia atau Komunitas Tangan Di Atas.

Indikator penelitian diukur dengan skala 5-Likert. Data yang diperoleh diolah menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan program Lisrel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa collaborative network dengan para aktor di luar komunitas dan dynamic interaction di antara anggota Komunitas UMKM saling mempengaruhi dan memberikan pengaruh positif terhadap integrasi sumber daya.

Ketiga variabel tersebut membangun platform value co-creation yang memberikan pengaruh positif terhadap inovasi pemasaran. Studi ini menawarkan kebaruan sudut pandang bagi teori service-dominant logic dengan menyajikan konsep multi aktor dengan multi peran dalam komunitas UMKM dan dimensi pengukuran baru bagi inovasi pemasaran.

Model penelitian ini dapat digunakan sebagai strategi pengembangan UMKM dan penguatan ketahanan ekonomi melalui komunitas. Platform value co-creation dalam penelitian ini juga dapat digunakan untuk mengukur kinerja bisnis dan inovasi.

Dengan demikian, Dewan Pimpinan sidang terbuka promosi doktor memutuskan, Handyanto Widjojo dinyatakan lulus dengan predikat Sangat Memuaskan dan berhasil mendapat gelar Doktor yang ke-273 Bidang Ilmu Manajemen Pemasaran. Selamat kepada Dr. Handyanto Widjojo! (Des)

 

 

 

 

 

Leave a Reply