Belajar Profesi Audit Internal, MAKSI-PPAk. Datangkan Ahli dari PWC Indonesia

Belajar Profesi Audit Internal, MAKSI-PPAk. Datangkan Ahli dari PWC Indonesia

Jakarta (10/05/2019) Program studi Magister Akuntansi Pendidikan Profesi Akuntan gelar kuliah umum berjudul Profesi Audit Internal di Indonesia dalam memberikan Nilai Tambah Bagi Organisasi, IIA Indonesia Awarness Month Goes to Campus 2019. Kuliah umum ini diisi oleh pakar dari PWC Indonesia bernama Dewi Andriati, S.E., M.Ak.,CA,CIA selaku Senior Manager Divisi Risk Assurance PWC Indonesia. Bertempat di Auditorium Sinarmas Gedung Prof. Dr. M. Sadli lantai 3, acara ini dilaksanakan dengan diikuti peserta dari mahasiswa Prodi Magister Akuntansi Pendidikan Profesi Akuntan.

ā€œMengaudit berarti mengamati, menghitung, dan memeriksa ulang catatan, proses dan sistemnya sangat sederhana, dan demikian pula audit,” kata Dewi.

“Ketika organisasi bisnis tumbuh dalam ukuran dan kompleksitas, praktik Audit Internal juga berkembang. Hari ini, kita menggunakan permodelan yang canggih, pengambilan sampel statistik, teknik audit menggunakan komputer, dan manajemen kualitas dengan berfokus pada pelanggan sebagai bagian dari proses audit,ā€ ungkapnya.

ā€œAudit internal adalah kegiatan konsultasi independen dan obyektif yang dirancang untuk menambah nilai dan meningkatkan operasi organisasi. Ini membantu organisasi mencapai tujuannya dengan membawa pendekatan sistematis dan disiplin untuk mengevaluasi dan meningkatkan efektivitas manajemen risiko, kontrol, dan proses tata kelola,ā€ tambahnya.

ā€œAlat Audit pada era digitalisasi meliputi sistem manajemen audit, alat analisis audit, audit berkelanjutan dan pemantauan berkelanjutan, dan digital forensik (Akuisisi dan Analisis) serta visualisasi data,ā€

ā€œPengembangan karir dalam audit diantaranya dalam bidang (keuangan dan operasional), Sedangkan pengalaman kerja ada di perusahaan kantor akuntan, kantor pemerintah, professionalĀ servicesĀ firmĀ sertaĀ (big four, grant thornton and smaller firms),ā€ tuturnya.

Selain pembahasan mengenai profesi audit, terdapat pembahasan mengenai Certified Internal Auditor.

“Ujian CIA terdiri dari tiga bagian Ā dan untuk Indonesia dapat menggunakan bilingual (Bahasa dan English), passing grade untuk kelulusan CIA adalah 80% (setiap Part), lulus ujian CIA Part 1, kandidat dapat memperoleh gelar Internal Audit Practitioner (IAP) dengan mengajukan persyaratan sesuai ketentuan IIA, Secara global tingkat kelulusan kandidat selama 4 tahun terakhir yang melakukan ujian CIA adalah antara 39% – 42% dan saat ini diseluruh dunia terdapat 160.000 pemegang gelar CIA,” tutupnya.