Teori Kebijakan Fiskal Dan Implementasinya di Indonesia Menjadi Topik Kuliah Umum Sri Mulyani

Teori Kebijakan Fiskal Dan Implementasinya di Indonesia Menjadi Topik Kuliah Umum Sri Mulyani

 

Melva Costanty – Humas FEB UI

DEPOK (25/04/2019) – Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) merupakan rencana keuangan tahunan pemerintah Indonesia yang menjabarkan rincian penerimaan dan belanja negara. APBN bertujuan untuk membiayai kegiatan dan program pemerintah dan mencapai target makro-ekonomi pemerintah. Optimalisasi penggunaan APBN untuk mencapai berbagai tujuan ekonomi, seperti full-employment, sustainable economic growth dan price level stability menjadi esensi kebijakan fiskal. Hal ini disampaikan oleh Sri Mulyani Indrawati, Menteri Keuangan Republik Indonesia dalam Kuliah Umum ‘Teori Kebijakan Fiskal dan Implementasinya di Indonesia‘ di Auditorium Soeria Atmadja, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia, Depok.

Sri Mulyani juga menyampaikan bahwa kebijakan fiskal juga berfungsi sebagai instrumen pengelolaan demand, dimana penggunaan pajak, transfer pemerintah dan belanja emerintah untuk barang dan jasa, guna menggeser kurva permintaan agregat. Stimulus fiskal menggunakan penggunaan kebijakan fiskal untuk meningkatkan produksi dan kesempatan kerja. Ada 2 jenis stimulus fiskal, yaitu automatic fiscal stimulus – kebijakan fiskal yang secara otomatis terjadi karena dipicu kondisi ekonomi tanpa campur tangan Pemerintah dan discretionary fiscal stimulus yang terjadi akibat kebijakan yang diambil oleh Pemerintah.

Selain menyampaikan topik mengenai kebijakan fiskal, Sri Mulyani berharap mahasiswa dapat menjadi generasi teknokrat yang baik. “Anak-anak UI, ekonomi UI, selalu punya tradisi sebagai teknokrat yang kuat.  Saya harap Anda nanti akan menjadi analis, teknorat-teknokrat muda, berdebat di publik, selama Anda tidak melukai integritas intelektual Anda. Integritas tidak hanya nggak korupsi, tapi juga setia pada prinsip-prinsip. Semoga saya berharap di ruangan ini, atau di ruangan satunya lagi, kalian akan menjadi generasi teknokrat Indonesia yang mengisi Indonesia dengan  intelectual content yang baik.”

Kuliah umum ini merupakan bagian dari kelas mata kuliah Pengantar Ekonomi 2 yang dihadiri oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia, angkatan tahun 2018.(des)

 

 

 

Leave a Reply