Prodi Manajemen FEB UI Adakan Sosialisasi Tugas Akhir S1 Reguler Manajemen Angkatan 2016

Prodi Manajemen FEB UI Adakan Sosialisasi Tugas Akhir S1 Reguler Manajemen Angkatan 2016

Depok- Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia mengadakan Sosialisasi Tugas Akhir S1 Reguler Manajemen untuk mahasiswa manajemen FEB UI angkatan 2016. Acara bertempat di Ruang Auditorium Gedung Dekanat FEB UI Pada hari Rabu, 24 April 2019.

Narasumber dari sosialisasi tersebut dihadiri oleh Dosen dari Departemen Manajemen diantaranya ialah Nissa Ghulma Ratnasari, M.Si (Peminatan Pemasaran), Rizky Luxianto, M.M. (Peminatan Operasi), Rahmat Aryo Baskoro, M.M. (Peminatan Keuangan), Muhammad Irfan Syaebani, M.M. (Peminatan SDM), Muhammad Mukhlish, M.S.M. (Akademik S1 Manajemen) dan Ruri Eka Fauziah Nasution, M.Sc. (Akademik S1 KKl).

Sedangkan para peserta yang mengikuti ialah mahasiswa manajemen angkatan 2016 yang terdiri dari kelas regular, paralel, kelas Internasional hingga ekstensi.

“Sebelum membuat proposal, mahasiswa harus mencek ke perpustakaan terkait topik atau judul yang mirip dengan skripsi tersebut dengan membuat tabel penelitian/skripsi yang mirip. Setelah proposal fixed, mahasiswa mengunjungi Sistem Karya Akhir Terpadu dan mengikuti prosedur uploading dan screening yang ada (lihat di slide selanjutnya mengenai SIKTP). Proposal direview secara online melalui SIKTP oleh tim dosen yang berisi tiga orang reviewer, untuk menilai kelayakan skripsi. Bagi proposal yang layak, maka staf akademik (dalam hal ini Pak Helman dan Ibu Nissa) akan menunjuk dosen pembimbing yang sesuai dengan SIKTP. Mahasiswa tidak diperkenankan untuk memilih sendiri. Karena penunjukan pembimbing akan dilakukan staf akademik secara sistem SIKTP,” papar Nissa Ghulma.

“Proposal hardcopy juga dikumpulkan kepada sekretariat lokasi masing-masing. Salemba kepada Ibu Laras dan Depok kepada Pak Zaimin. Pada sampul depan proposal ini, mahasiswa diwajibkan menuliskan data diri yakni NPM, Nama Lengkap, No Telp/HP serta Email, untuk memudahkan koordinasi informasi suatu saat bila dibutuhkan,” tambahnya dalam menjelaskan alur proses pendaftaran tugas akhir.

“Untuk mahasiswa kelas Internasional, proses registrasi hingga magang dilakukan dengan proses melalui SIAK NG dan registrasi juga dilakukan di sekretariat KKI. Isi Formulir FA-1, kirim Formulir FA-1, dilampirkan dengan transkrip dan 2 salinan proposal. Tenggat waktu untuk pengajuan proposal terdiri dari 2 fase. Pada hari pertama Ujian Akhir sebelum semester skripsi. Pada hari kedua periode kuliah di semester skripsi,” ungkap Riri.

“Setelah meninjau perusahaan dan posisi pekerjaan, Sekretariat KKI akan memberikan surat rekomendasi magang yang mungkin memakan waktu sekitar 1 minggu, Siswa harus menerapkan program magang di perusahaan sendiri menggunakan surat rekomendasi dari KKI,” kata Riri.

Acara selanjutnya diteruskan dengan pemaparan penjurusan seperti manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen operasi dan manajemen SDM oleh masing-masing narasumber dari Dosen Departemen Manajemen.

Leave a Reply