Paksi C.K. Walandouw : Teknologi Go Jek Buat Bisnis UMKM “Naik Kelas”

Paksi C.K. Walandouw : Teknologi Go Jek Buat Bisnis UMKM “Naik Kelas”

Delli Asterina ~ Humas FEB UI

Depok – Berdasarkan hasil survey Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) bcrjudul “Dampak Go-Jek tcrhadap Perekonomian Indonesia pada Tahun 2018″yang dirilis 22 April 2019. Penelitian dilakukan pada 1.000 mitra UMKM GoFood di 9 kota bcsar di Indonesia yakni Balikpapan, Bandung, Jabodetabek, Denpasar,Makassar, Medan, Palembang, Surabaya, Yogyakarta. Penelitian ini menunjukan bagaimana GoFood membantu meningkatkan omzet dan skala bisnis UMKM, serta persepsi positif UMKM terhadap kemitraan merekadengan GoFood. UMKM “naik kelas”

Wakil Kepala LD FEB UI,Paksi C.K. Walandouw memaparkan penilaian UMKM ini didasarkan pada dampak positif dirasakan mitra UMKM yang bergabung dengan GoJek di layanan Go-Food, mulai dari kemitraan yang menguntungkan,peningkatan volume transaksi hingga kenaikan klasifikasi omzet usaha.

“Peningkatan klasifikasiomzet usaha ini menunjukkan UMKM yang bergabungdengan Go-Food mcngalamiperluasan pasar dan naikkelas, seperti dari mikro kekecil dari kecil ke menengah,”ujar Paksi.
la menambahkan, “Dengan UMKM yang naik kelas danusahanya membesar, maka mereka bisa menyerap tenagakerja dan menyumbang lebih banyak kepada ekonomi daerah atau nasional.” Paksi memaparkan peningkatan volume dan omzct bisnis memacu mitra UMKM terus mengembangkan usahanya.Hal ini ditunjukkan dari 85 persen responden UMKM yang menginvestasikan kembali pendapatannya dari Go-Food ke dalam usaha mereka. Berdampak pada bisnis Terkait manfaat dirasakan mitra GO-FOOD, Paksi menjelaskan UMKM menilai positif prospek bisnis dengan Go-Food seeara jangka panjang. Saat responden UMKM ditanyakan apa alasan utama mereka bergabung, berikut hasil temuan survei: 87 persen responden UMKM menilai layanan GoFood lebih terpercaya.
87 persen responden UMKM menilai layanan GoFood lebih aman.
90 persen responden UMKM bergabung menjadi mitra GoFood karena sudah ada lebih lama di Indonesia.

“Penilaian positif dalam prospek bisnis jangka panjang menyuratkan kepercayaan UMKM kepada platform teknologi, seperti GoJek yang membawa dampak positif berkelanjutan kepada bisnis mereka di tengah perubahan perilaku konsumen, terutama di segmen generasi millennial dan generasi Z,” ujar Paksi.

Sumber : https://edukasi.kompas.com/read/2019/04/22/21520801/survei-feb-ui-teknologi-gojek-buat-bisnis-umkm-naik-kelas