Lembaga Management FEB UI Selenggarakan HR Excellence Award 2019

0

Lembaga Management FEB UI Selenggarakan HR Excellence Award 2019

Taufiq Nur (Deputy Corporate Secretary, LM FEB UI)

Lembaga Management Fakultas Ekonomi dan Bisnis (LM FEB UI) Bersama Majalah Swa dan di dukung oleh Bank Mandiri mengadakan penganugerahan HR Excellence Award 2019. Adapun ini adalah kali ke-10 LM FEB UI bekerja sama dengan SWA untuk mengadakan kegiatan HR Excellence yang telah diinisiasi oleh SWA sejak Tahun 2009. Dengan mengangkat tema “The Future of HR Management”, Penghargaan bergengsi ini diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang memiliki best practices dalam praktek manajemen human capital.

Penghargaan HR Excellence Awards tahun 2019 ini dibagi ke dalam beberapa kategori, yaitu Recruitment Strategy, Retention Strategy, Learning & Development Strategy, Compensation & Benefit Strategy, Performance Management, HR Transformation, dan HR Technology.

Proses penganugerahan dimulai dari proses pendaftaran dan screening yang dilakukan sejak januari

2019, kemudian masuk ke tahapan penjurian yang dilakukan pada tanggal 14 Maret 2019 di LM FEB UI, Gedung Mohammad Sadli, Kampus UI Salemba, sampai pada malam puncak penganugerahan pada tanggal 10 April 2019 di Hotel Shangri-la Jakarta. Total ada sekitar 40 perusahan yang terbagi ke dalam empat grup, yaitu grup BUMN dan Afiliasi, grup Manufaktur, grup Financial Services & Non- Manufaktur, serta grup Digital, Tekno, dan Start Up yang masuk ke dalam tahapan penjurian.

Pada penjurian kali ini, ada empat kriteria yang kita pakai, yang pertama alignment with corporate and business strategy. Maksudnya, apakah program yang dijalankan ini mampu menjawab tantangan strategi bisnis perusahaan dari aspek kebutuhan talent yang pas. Kedua, clarity and comprehensiveness, maksudnya seberapa jelas dan komprehensif strategi human capital dapat mendukung strategi bisnis. Ketiga, utilization or connection with other human capital system, jadi seberapa baik implementasi sistem dan keterkaitannya dengan sistem human capital lainnya. Keempat, impact or benefit, kita akan melihat hasil rill yang dirasakan perusahaan dari implementasi sistem yang terkait.

Juri-juri yang terlibat pada penjurian ini merupakan kombinasi dari praktisi dan akademisi yang handal dalam bidang Human Resources sehingga mampu memberikan penilaian yang objektif dan reliable. Sebagaimana yang disampaikan Dr Toto Pranoto, Managing Director LM FEB UI pada malam penganugerahan, Penghargaan ini diharapkan dapat memberikan apresiasi bagi perusahan- perusahaan yang telah menrapkan praktik human resources yang mampu mengantisipasi kebutuhan bisnis di masa depan.

Leave a Reply