Wujudkan Visi Menjadi Pusat Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang Unggul, UI Luncurkan 9 Values to Action!

Wujudkan Visi Menjadi Pusat Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang Unggul, UI Luncurkan 9 Values to Action!

Delli Asterina ~ Humas FEB UI

Sesuai dengan fungsi universalnya sebagai rumah dan lumbung pengetahuan, teladan, dan kekuatan moral bagi masyarakat, Universitas Indonesia (UI) memiliki nilai-nilai dasar yang harus dijunjung tinggi oleh para sivitas-nya.

“Semua warga UI dapat menerapkan nilai-nilai dasar dalam perilaku sehari-hari di UI, sehingga tak ada lagi perbedaan persepsi yang muncul di berbagai tingkat di UI, semua adalah warga UI yang memiliki nilai budaya dalam berperilaku,” kata Wakil Rektor UI Bidang Sumber Daya Manusia dan Kerja Sama, Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA, dalam sambutannya pada acara sosialisasi nilai-nilai UI bertajuk “9 Values Into Action

Nilai-nilai tersebut nantinya harus diamalkan oleh seluruh warga UI. Hal ini dilakukan demi terwujudnya visi yang dimiliki UI. Berikut merupakan nilai-nilai dasar tersebut: Kejujuran (Honesty), Keadilan (Just and Fair), Keterpercayaan (Trustworthiness),Tanggung jawab (Accountability), Kebersamaan (Togetherness), Keterbukaan (Transparency), Kebebasan akademik dan otonomi keilmuan (Academic Freedom dan Scientific Autonomy) dan Menjunjung tinggi kebebasan akademik.

Acara yang digelar di Balai Sidang, Kampus UI Depok, Selasa, 9 April 2019 itu juga di hadiri oleh Agus Martowardojo Alumni FEUI 84 sekaligus Mantan Menteri Keuangan dan Gubernur BI ke-15. Dalam paparannya beliau mengemukakan penerapan 9 values to action perlu untuk diketahui dan dipraktikan oleh seluruh sivitas UI dalam mewujudkan visi UI serta diharapkan sivitas UI dapat berperan aktif dalam menerapkan nilai-nilai UI sehingga dapat bersatu untuk menjadi universitas unggulan di Asia maupun dunia.

Selanjutnya acara 9 Values into action ini diteruskan dengan pengukuhan duta budaya UI. Duta budaya UI perwakilan dari FEB UI ialah Dr. Arief Wibisono Lubis dan Helman Arief, MM.

Acara diakhiri dengan mempraktikan gaya 9 nilai-nilai UI oleh duta budaya UI.