Magang Atau Skripsi? Mahasiswa Program Sarjana Akuntasi Mendapatkan Pengarahan Karya Akhir

Magang Atau Skripsi? Mahasiswa Program Sarjana Akuntasi Mendapatkan Pengarahan Karya Akhir

 

Melva Costanty – Humas FEB UI

DEPOK (10/04/2019) – Skripsi dan membuat laporan magang menjadi salah satu bentuk karya akhir mahasiswa program Sarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Terdapat beberapa ketentuan untuk membuat laporan magang maupun skripsi. Ketentuan dan syarat pembuatan karya akhir dibagikan dalam Pengarahan Karya Akhir yang dilakukan oleh Program Studi S1 Akuntasi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia.

Syarat secara akademis, ketentuan tempat dan waktu magang, ruang lingkup topik, daftar poin yang harus ada dalam laporan magang, hingga kriteria penilaian magang dijelaskan dalam kegiatan ini. Laporan magang berfokus pada refleksi atau evaluasi diri melalui pekerjaan yang dilakukan. Dengan melakukan evaluasi mengenai kekurangan yang dimiliki, baik technical competence maupun soft skills, mahasiswa magang dapat memperbaiki diri dan lebih siap bekerja. Berbeda dengan laporan magang, mahasiswa yang ingin menulis skripsi dapat memilih antara Studi Empiris atau Studi Kasus. Baik studi empiris dan studi kasus punya persyaratan tersendiri. Bagi mahasiswa yang memilih skripsi terlebih dahulu mengajukan proposal skripsi dengan memilih 9 topik yang sudah ditentukan. Mahasiswa juga harus memperhatikan pedoman penulisan skripsi. Pemaparan mengenai panduan, serta syarat dan ketentuan penulisan karya akhir Program S1 Akuntansi disampaikan oleh Dyah Setyaningrum, Ketua Program Studi S1 Reguler Akuntansi.

Untuk program magang yang berhubungan dengan pihak luar, terdapat tantangan tersendiri. Nurul Husnah, Koordinator Program Studi S1 Ekstensi Akuntansi menambahkan, “Seringkali konfirmasi dari tempat magangnya mendadak. Misalnya, kasih kabar seminggu sebelumnya atau hari Kamis untuk masuk hari Senin. Hal itu menyulitkan, karena untuk mencari dosen pembimbing juga perlu waktu. Kami perlu memastikan dosennya bersedia atau tidak. Kami mengusahakan mahasiswa mendapatkan pembimbing sebelum mulai magang. Sedangkan untuk ketersediaan tempat magang, selama ini tidak ada masalah. Pasti ada saja tempat magangnya.”

Sosialisasi Tugas Akhir ini merupakan kegiatan rutin yang diikuti oleh mahasiswa Program Studi Akuntansi yang memasuki semester 6. Kegiatan ini diselenggarakan oleh oleh Departemen Akuntansi bekerja sama Studi Profesionalisme Akuntan (SPA), himpunan mahasiswa Program Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis juga turut membantu terlaksananya kegiatan ini. “Keterlibatan SPA bertujuan untuk Kami berharap organisasi mahasiswa seperti SPA dapat menjadi fasilitator dan memudahkan jalur informasi bagi kami prodi dan mahasiswa,” tambah Nurul. (des)