Usung Tema ‘Towards Accreditation AACSB’ FEB UI Gelar Rapat Dosen 2019

Usung Tema ‘Towards Accreditation AACSB’ FEB UI Gelar Rapat Dosen 2019

Delli Asterina ~ Humas FEB UI

Yogyakarta- 24/03/2019, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia selenggarakan Rapat Kerja Dosen Tahun 2019. Rapat kerja dosen yang mengusung tema implementasi tridharma perguruan tinggi dalam percepatan perubahan budaya kerja menuju akreditasi internasional AACSB itu dihadiri oleh Ketua Majelis Wali Amanat UI dan Wakil Rektor UI Bidang Sumber Daya dan Kerjasama.

Acara dibuka dengan sambutan Dekan FEB UI, Prof. Ari Kuncoro, Ph.D, dalam paparannya beliau sebut bahwa rapat kerja dosen telah diselenggarakan tiap tahun untuk para staf pengajar. Beliau juga menyampaikan bahwa seiring dengan perkembangan jaman, pendidikan tinggi pun sedang mengalami transisi.

“Mulainya acara raker pada tahun 2015, saat ini di tahun 2019 sudah banyak perubahan. Sehingga perlu dipaparkan terkait istilah ‘Dosen Zaman Now’. Ada beberapa perubahan diantaranya perubahan teknologi dan penilaian dosen pengajar,” ujar Dekan FEB UI

“Mari kita sama-sama melakukan transformasi tradisi pada diri kita sendiri,” tambahnya.

Hal yang dikemukakan Dekan FEB UI dalam acara raker tersebut sejalan dengan tema raker dosen tahun 2019 implementasi tridharma perguruan tinggi dalam percepatan perubahan budaya kerja menuju akreditasi internasional AACSB.

Erry Riyana Hardja Pamekas selaku ketua MWA UI sepakat bahwa teknologi dan informasi yang bergulir cepat sehingga harus lebih diperhatikan. Berkaitan dengan teknologi Massive Online Open Course Learning dapat menjadi salah satu perkembangan teknologi pengajaran.

Dalam paparannya Erry juga menjelaskan 9 nilai UI yang berisi nilai positif dan perlu diimplementasikan oleh warga UI.

Sehingga dalam paparannya tersebut dapat diketahui bahwa untuk melakukan perubahan untuk perlu diperhatikan menjadi 2 hal yaitu SDM dan IT yang dibungkus dalam nilai UI.

“Dosen harus mengikuti tridharma dan harus memiliki inisiatif strategis membangun program sosialisasi budaya UI dan menginternalisasikan nilai-nilai UI dalam perilaku dosen, tendik, mahasiswa hingga pimpinan UI,” ujar Wakil Rektor Bidang SDM dan Kerjasama UI, Prof. Dr.Ir. Dedi Priadi.

Acara hari pertama raker Dosen FEB UI tahun 2019 diakhiri dengan penyerahan cinderamata dan foto bersama.