Mahasiswa Akuntansi FEB UI Juara Best Speaker dan Top Essay Asia Speakers Chapter Indonesia

Mahasiswa Akuntansi FEB UI Juara Best Speaker dan Top Essay Asia Speakers Chapter Indonesia

 

Delli Asterina ~ Humas FEB UI

Bogor (28/02/2019) .-  Mahasiswa Akuntansi FEB UI bernama Rio Ferdinand Kiantara merupakan mahasiswa akuntansi angkatan 2017 yang telah menjuarai ajang perlombaan Asia Speaks Chapter Indonesia diadakan oleh International Youth Centre, Asia Youth Council, Ministry of Youth and Sport Malaysia serta IPB. Rio meraih juara Top 15 Essay dan Top 3 Best speaker..

Dalam acara ini membahas mengenai Food Security dan Youth empowerement, Rio memilih sub tema satu yakni Volunteering and Social Enterprise di mana Rio membahas problem food waste dan mengusulkan solusi social enterprise berbasis crowdfunding untuk membeli stok makanan.

Pada perolehan juara Top 15 Essay. Rio membahas mengenai In-Food: Integrated Students-Based Social Enterprises to Provide Inclusive Foods for Indonesia yang membahas mengenai peranan mahasiswa untuk menciptakan social enterprise yang terintegrasi dengan berbagai fasilitas yakni crowdfunding untuk mengumpulkan dana untuk membeli makanan, meningkatkan awareness terhadap food waste, dan mendistribusikan sisa makanan kepada orang yang membutuhkan.

Dengan tahapan perlombaan tersebut dari mulai mengirimkan essay lalu diambil top 15 essay dan dari ke 15 top essay tersebut dipilih delapan orang untuk mempresentasikan hasilnya di IPB pada tanggal 28 Februari 2018.

Sehingga dari delapan orang terpilih best speaker 1,2 dan 3 dalam acara talkshow yang disiarkan di 48 negara oleh media partner Asia Youth Council. Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan 5 negara ASEAN yakni Filipina (Santo thomas), Myanmar( Mandalay Univ dan Strategy First Institute), Vietnam (Hue University), Malaysia (Universitas Malaysia sabah,dll) dan Indonesia (FEB UI dan IPB).

“Jujur baru pertama kali ikut acara bertaraf internasional dan ternyata seru banget bisa kenal mahasiswa dari berbagai megara khususnya di ASEAN yang sama-sama punya concern terhadap permasalahan yang ada di lingkungan sekitar,” tutur Rio.

“Senang dan bangga bisa mewakili FEB UI untuk mengikuti acara ini dan puji Tuhan bisa membawa pulang hadiah dan penghargaan. Selain itu pertama kali jadi pembicara di acara berbasis Inggris sungguh menjadi pengalaman yang unik dan tak terlupakan. Apalagi saat dikasih pertanyaan spontan dari audience,” tambahnya.

“Harapannya saya kedepan agar tetap dan terus bisa semangat dan membanggakan keluarga, kampus, dan bangsa di tingkat yang lebih tinggi. Selain itu bisa semakin percaya diri dan terus berkontribusi terhadap perkembangan Indonesia. Tentunya Rio jika diberi kesempatan oleh Tuhan ingin terus menggali dan mengembangkan potensi diri dalam acara acara seperti ini,” tutupnya.. (Des)