PPA FEB UI Ikut Berperan dalam SIPDUGA UI

PPA FEB UI Ikut Berperan dalam SIPDUGA UI

 

Delli Asterina ~ Humas FEB UI

DEPOK (13/2/2019) – Badan Legislasi dan Layanan Hukum Universitas Indonesia (BLLH UI) beserta Pusat Pengembangan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (PPA FEB UI) menyelenggarakan sosialisasi Sistem Pelaporan Dugaan Pelanggaran UI (SIPDUGA UI). Pada acara sosialisasi SIPDUGA UI ini juga terdapat pemaparan dari PPA FEB UI yang diwakili oleh Nureni Wijayati S.E., M.S.Ak., mengenai mekanisme pelaporan dugaan pelanggaran melalui SIPDUGA UI, Kepala BLLH UI, Dr. Fitriani Ahlan Sjarif, mengenai latar belakang disusunnya kebijakan SIPDUGA UI, pemaparan dari Komite Audit UI, Ahmad Maulana, mengenai peranan Komite Audit dalam pelaksanaan SIPDUGA UI.

SIPDUGA UI merupakan sistem whistleblowing yang dibentuk atas kerjasama tim PPA FEB UI yang diketuai oleh Nureni Wijayati S.E., M.S.Ak. dengan tim BLLH UI yang diketuai oleh Dr. Fitriani Ahlan Sjarif, dan Komite Audit UI. Tujuan utama dari SIPDUGA UI ini adalah untuk memfasilitasi warga Universitas maupun warga Universitas maupan masyarakat untuk dapat menyampaikan dugaan pelanggaran kode etik dan perilaku serta peraturan perundang-undangan yang dilakukan oleh Sivitas Akademika, Tenaga Kependidikan, atau anggota Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia. Laporan dugaan pelanggaran yang disampaikan melalui SIPDUGA UI akan diproses secara seksama dan dijamin kerahasiaannya. Tidak hanya itu, UI juga menjamin perlindungan terhadap Pelapor dari tindakan balasan seperti pemecatan yang tidak adil, penurunan jabatan, pelecehan, perundungan, dan catatan yang merugikan dalam data diri Pelapor.

“Prosedur dan akses SIPDUGA dapat diakses pada http://www.ui.ac.id/sipduga.html, kemudian laporan juga dapat dikirimkan melalui e-mail wbs@ui.ac.id atau dengan mengirimkan laporan langsung melalui nomor Whatsapp WBS UI +62859 0420 2000. Tim SIPDUGA UI menjamin kerahasiaan Pelapor,” ungkap Nureni Wijayati dalam paparannya mengenai prosedur pelaporan SIPDUGA UI.

Nureni juga menjelaskan mengenai formulir yang dapat diakses pada sistem SIPDUGA UI dan memaparkan contoh kasus dugaan pelanggaran yang kemungkinan dapat terjadi di lingkungan UI. (Des)