Novie P. Sibilang Uji Pengaruh Kualitas Laba Terhadap Perbedaan Presisi Informasi Saat Pengumuman Laba

Novie P. Sibilang Uji Pengaruh Kualitas Laba Terhadap Perbedaan Presisi Informasi Saat Pengumuman Laba

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – Program Pascasarjana Ilmu Akuntansi selenggarakan sidang terbuka Promosi Doktor Novie P. Sibilang (1106126270) yang berlangsung di Gedung Pascasarjana, pada Jumat (25/1/2019).

Sidang Promosi Doktor ini diketuai oleh Prof. Nachrowi Djalal Nachrowi, Ph.D., dengan pembimbing, Prof. Dr. Irwan Adi Ekaputra (Promotor), Dr. Fitriany (Ko-Promotor 1), Dr. Buddi Wibowo (Ko-Promotor 2). Selaku tim penguji, Prof. Sidharta Utama, Ph.D. (Ketua Penguji), Dr. Sylvia Veronica, NPS, Vid Adrison, Ph.D., Helson Siagian, Ph.D., dan Dr. Gede Harja Wasistha.

Penulisan disertasi yang diangkat oleh Promovendus, berjudul “Pengaruh Kualitas Laba Terhadap Perbedaan Presisi Informasi Saat Pengumuman Laba”. Studi ini menguji pengaruh kualitas laba pada perbedaan presisi informasi di antara investor ketika laba diumumkan.

Mengikuti Utama (1996) penelitian ini menggunakan kepemilikan institusi untuk mengukur perbedaan presisi informasi di antara investor sebelum pengumuman laba. Penelitian ini menemukan adanya hubungan kuadratik antara respons pasar (volume dan frekuensi perdagangan) dengan kepemilikan institusi.

Terdapat perbedaan presisi informasi di antara investor saat laba diumumkan. Perbedaan semakin besar seiring bertambahnya kepemilikan institusi dan mencapai perbedaan tertinggi ketika komposisi kepemilikan institusi sebesar 50% atau sama banyak dengan kepemilikan individu. Temuan utama dari penelitian ini mendapati bahwa laporan laba dengan kualitas tinggi ketika diumumkan akan mengurangi perbedaan presisi informasi di antara investor dibandingkan dengan laporan laba dengan kualitas rendah.

Selain itu, ketika kualitas laba yang dipublikasi meningkat dari waktu ke waktu akan meminimalkan perbedaan presisi tersebut. Ini menyiratkan bahwa meskipun investor institusi secara sistematis memiliki informasi privat dengan tingkat presisi yang lebih tinggi dibandingkan investor individu, namun bilamana kualitas laba yang dipublikasi dari waktu ke waktu tinggi maka presisi informasi individu akan meningkat menyebabkan perbedaan presisi di antara kedua kelompok akan menurun.

Ketika perbedaan presisi informasi di antara kelompok investor menjadi kecil maka renpon pasar terhadap publikasi informasi akan berkurang. Temuan penelian ini mendukung pernyataan Barron dan Karpoff (2004) bahwa kualitas informasi akuntansi dapat memengaruhi perbedaan presisi informasi di antara investor.

Selain itu, temuan ini juga konsisten dengan proposisi Kim dan Verrecchia (1991) bahwa pasar merespon pengumuman publik dan respons pasar meningkat secara proporsional dengan besarnya perbedaan presisi. Regresi Ordinary Least Square (OLS) digunakan untuk menganalisis hasil. Penelitian dilakukan pada konteks pasar modal di Indonesia untuk periode observasi 2011-2014.

Dengan demikian, Dewan Pimpinan sidang terbuka promosi doktor memutuskan Novie P. Sibilang dinyatakan lulus dengan predikat Sangat Memuaskan dan berhasil mendapat gelar Doktor yang ke-65 Bidang Ilmu Akuntansi. Selamat kepada Dr. Novie P. Sibilang! (Des)