Natanael Waraney Gerald Massie Kaji Penerimaan Mahasiswa Berbasis Undangan dan Tes

Natanael Waraney Gerald Massie Kaji Penerimaan Mahasiswa Berbasis Undangan dan Tes

 

Hana Fajria ~ Humas FEB UI

DEPOK – Departemen Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia menyelenggarakan Seminar Mingguan dengan mengambil topik pembahasan “A Comparison between Merit-Based and Test-Based Higher Education Admission in FEB UI” dengan penulis dari Prof. Mohamad Ikhsan, Natanael Waraney Gerald Massie & Prof. Ari Kuncoro, dengan pembicara Natanael Waraney Gerald Massie, Alumni dari FEB UI Tahun Angkatan 2014 yang berlangsung di Ruang 301, Gedung Selasar, pada Rabu (16/1/2019).

Dalam pembahasan ini, pembicara membahas mengenai penerimaan sarjana di universitas negeri di Indonesia dilakukan dengan menarik dalam sistem dua kali. Siswa pertama-tama dipertimbangkan untuk penerimaan undangan berdasarkan berbasis prestasi sedangkan penerimaan berbasis ujian dilakukan setelahnya. “Penelitian ini bertujuan untuk membahas perbedaan kinerja akademik siswa memasuki universitas melalui penerimaan berbasis prestasi dan berbasis tes,” kata Natanael Waraney Gerald Massie.

Penulis menggunakan data komprehensif dari 5470 mahasiswa baru yang diterima selama periode 2001 hingga 2007 di FEB UI. “Kami mengamati perbedaan menggunakan estimasi regresi dan perkiraan yang cocok dalam mengendalikan karakteristik dan demografi siswa. Temuan menunjukkan bahwa siswa yang diterima melalui sistem undangan berkinerja lebih baik. Namun, perbedaan kinerja akademik seperti itu berkurang seiring waktu. Selain itu, kami menggambarkan masalah potensial dan, pada saat yang sama, kemajuan untuk sistem pendidikan negara yang ditimbulkan oleh fenomena tersebut”, tutup Natanael Waraney Gerald Massie.

Setelah penjelasan mengenai beberapa masalah, para Kepala Program Studi melakukan diskusi mengenai masalah-masalah yang ada tersebut dan diakhiri dengan pemberian sertifikat kepada pembicara dan foto bersama. (Des)