Kontribusi PPA FEB UI Dibalik Perancangan dan Implementasi SIPDUGA UI

Kontribusi PPA FEB UI Dibalik Perancangan dan Implementasi SIPDUGA UI

 

Delli Asterina ~ Humas FEB UI

DEPOK – Badan Legislasi dan Layanan Hukum UI – BLLH UI bekerjasama dengan Pusat Pengembangan Akuntansi FEB UI, mengembangkan dan menyusun kebijakan dan petunjuk pelaksanaan SIPDUGA UI sejak Januari 2018. Pada hari Kamis, 23 Desember 2018 dilaksanakan soft launching oleh Rektor UI, Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M. Met. bertempat di Pusat Administrasi Universitas Indonesia, lantai 9, Depok.

Dalam acara tersebut juga dihadiri Prof. Sidharta Utama, Ph.D, CFA. Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Administrasi Umum, Prof. Dr. rer. nat Rosari Saleh Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi, Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA Wakil Rektor Bidang SDM dan Kerjasama, Vita Silvira, MBA selaku Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura dan Administrasi Umum FEB UI, Dr. Vera Diyanti, S.E., M.M. selaku Kepala Pusat Pengembangan Akuntansi (PPA) dan Nureni Wijayati selaku tim PPA FEB UI.

Whistle Blowing System Universitas Indonesia (WBS UI) atau Sistem Pelaporan Dugaan Pelanggaran Universitas Indonesia (Sipduga UI) adalah mekanisme pelaporan tindakan atau perbuatan yang diduga melanggar Kode Etik dan Perilaku Universitas Indonesia dan/atau peraturan internal dan/atau peraturan perundang-undangan yang dilakukan oleh Warga Universitas Indonesia. Sesuai dengan Peraturan Rektor Universitas Indonesia Nomor 028 Tahun 2018 tentang Sistem Pelaporan Dugaan Pelanggaran.

“Terwujudnya WBS UI dilatarbelakangi oleh upaya Universitas Indonesia menerapkan Good University Governance (GUG) secara konsisten dan berkelanjutan. Di samping itu, WBS UI dihadirkan untuk memenuhi salah satu sasaran program dalam Rencana Strategis Universitas Indonesia Tahun 2015-2019 yakni terlaksananya penegakan semua peraturan di Universitas Indonesia dan meningkatkan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku”, kata Rektor UI.

Prosedur dan akses SIPDUGA dapat diakses pada http://www.ui.ac.id/sipduga.html, kemudian laporan juga dapat dikirimkan melalui e-mail wbs@ui.ac.id atau dengan mengirimkan laporan langsung melalui nomor Whatsapp WBS UI +62859 0420 2000. Tim SIPDUGA UI menjamin kerahasiaan Pelapor.

“Alhamdulillah, Tim PPA FEBUI dapat membantu dalam merealisasikan salah satu rencana strategis UI tahun 2019 dalam mewujudkan terciptanya dan implementasi Whistle Blowing System Universitas Indonesia sebagai salah perwujudan Good University Governance sesuai dengan jadwal yg telah ditetapkan”, ujar Dr. Vera Diyanti, S.E., M.M. selaku Kepala Pusat Pengembangan Akuntansi (PPA)

“Harapan kedepannya sistem ini dapat tersosialisasi dengan baik, implementasi dapat berjalan dengan lancar sebagai bagian dari terwujudnya good governance di lingkungan sivitas akademik UI”, tutup Vera. (Des)