FEB UI Adakan Pelatihan Pengolahan Makanan Sehat dan Bersih bagi Pedagang Kantin Mahasiswa

FEB UI Adakan Pelatihan Pengolahan Makanan Sehat dan Bersih bagi Pedagang Kantin Mahasiswa

 

Hana Fajria ~ Humas FEB UI

DEPOK ā€“ Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia menyelenggarakan pelatihan dan workshop pengolahan makanan sehat bagi pedagang di kantin FEB UI yang berlangsung di Ruang Soenaryo Kolopaking, Gedung Dekanat, lantai 3 pada hari Rabu (19/12/2018).

Pelatihan ini dibuka oleh Desti Fitriani, MA selaku Sekretaris Pimpinan. Beliau memaparkan beberapa poin penting mengenai hasil review makanan sehat maupun yang belum lulus uji laboratorium yang ada di lingkungan FEB UI. Seperti beberapa makanan yang sudah lulus uji laboratorium yang bebas dari Salmonella ataupun Escherichia coli.

Selanjutnya, pemaparan materi dilanjutkan oleh Dr. Ema Hermawati, S.Si, MKM selaku Koordinator lab makananan Fakultas Kesehatan Masyarakat dibantu juga dengan 3 rekan lainnya dari Fakultas Kesehatan Masyarakat yakni Dr. Laila Fitria, S.KM, MKM, Dr. Budi Hartono, S.Si, MKM, dan Abdur Rahman Mphil. Ema memulai acara dengan pemaparan review teori-teori terdahulu dilanjutkan dengan menuju tempat pedagang berjualan dengan didemokan bagaimana pedagang menyiapkan menu makanan dari penyajian awal hingga akhir sampai ke konsumen.

ā€œBerdasarkan regulasi Kemenkes makanan yang terkontaminasi E.Coli harus bernilai nol (0) untuk itu berikut beberapa yang perlu kita perhatikan saat menyajikan makanan yang baik, yakni Personal hygiene dengan mencuci tangan setiap saat, kuku pendek & bersih, memakai seragam & masker, tidak lupa untuk memperhatikan saat penyimpanan bahan makanan, pada tahap persiapan tidak lupa saat pemotongan bahan makanan pun harus diperhatikan, dan diakhir materi juga dijelaskan pula cara penyajian makanan yang baikā€, ungkap Ema.

Dengan demikian, pelatihan dan pebinaan ini semoga bermanfaat untuk para pedagang kantin yang nantinya bisa menyajikan makanan yang sehat serta higienis bagi para pembeli di lingkungan FEB UI. (Des)

 

Ā 

Ā 

Ā 

Ā