Tim Three Musketeers FEB UI Juara 1 Lomba Kompetisi Kasus Bisnis Mandiri Tunas Finance

Tim Three Musketeers FEB UI Juara 1 Lomba Kompetisi Kasus Bisnis Mandiri Tunas Finance

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – Tim Three Musketeers mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia berhasil meraih Juara 1 dalam Ajang The 1st Mandiri Tunas Finance (MTF) Business Case Competition dengan tema “Empowring Youth Idea to Transform Multifinance Business” yang berlangsung di Gedung Graha Mandiri, Jakarta pada Selasa (11/12/2018).

The 1st MTF Business Case Competition merupakan ajang kompetisi yang diperuntukkan bagi mahasiswa tingkat akhir yang diselenggarakan oleh pihak Mandiri Tunas Finance (anak usaha Bank Mandiri yang bergerak di Bidang Pembiayaan) dan bertujuan untuk menyalurkan ide-ide kreatif mahasiswa terkait proses bisnis Mandiri Tunas Finance serta menjalin hubungan yang baik dengan pihak universitas.

Syarat mengikuti kompetisi ini ialah mahasiswa tingkat akhir yang diminta untuk memberikan solusi jangka pendek dan panjang untuk Mandiri Tunas Finance dalam rangka menjadi perusahaan pembiayaan nomor 1 di Indonesia di tengah melambatnya penjualan kendaraan bermotor & berkembangnya layanan pembiayaan Peer-to-Peer Lending (fintech). Peserta yang berkontribusi mengikuti ajang kompetisi ini lebih dari 200 peserta dari berbagai universitas di Indonesia, seperti, UGM UNDIP, UNPAR, dan masih banyak lagi.

Salah satu peserta dalam The 1st MTF Business Case Competition ini ialah tim FEB UI yang bernama Tim Three Musketeers yang terdiri dari Dharmadi Gusanto (mahasiswa Manajemen 2015), Alberto Dhammavirya (Ilmu Ekonomi 2015), dan Nathanael Abednego (mahasiswa Akuntansi 2015).

Tim Three Musketeers ini layak menjadi Juara 1 karena berdasarkan hasil penilaian dewan juri bahwa kompetisi ini terdiri dari 2 babak, yaitu babak penyisihan dan final. Pada babak penyisihan, dewan juri menilai dari segi pembuatan paper & video sesuai dengan topik yang ditentukan. Apabila, lolos dalam tahap penyisihan maka otomatis masuk ke babak final. Untuk babak finalnya, peserta diminta untuk melakukan presentasi berdasarkan paper yang sudah dibuat sebelumnya dan diminta juga untuk memberikan solusi ide yang dibawakan.

“Untuk video dan paper yang tim kami buat adalah sama. Kami memberikan solusi berupa 3 strategi yang dapat diterapkan oleh Mandiri Tunas Finance (MTF) dalam rangka mewujudkan visi-nya ‘To be The Most Progressive & Reliable Multi-Finance Company in Indonesia’ dengan sebutan EDO strategy. Tiga strategi tersebut di antaranya Enhancing Customer Journey (solusi jangka pendek), Optimizing Offline Channels (solusi jangka menengah), dan Diversifying Product Mix (solusi jangka panjang),” ucap Dharmadi Gusanto sebagai perwakilan tim Three Musketeers saat diwawancarai, (18/12/2018).

Enhancing Customer Journey bahwa selama ini perusahaan pembiayaan memiliki citra menyeramkan. Melalui strategi ini diharapkan dapat meningkatkan pengalaman nasabah ke depannya. Optimizing Offline Channels bahwa walaupun perkembangan fintech tengah pesat, offline channels masih memiliki peran yang penting untuk memberikan pelayanan bagi calon nasabah pembiayaan. Diversifying Product Mix yaitu perusahaan tidak hanya bergantung pada pembiayaan kendaraan bermotor tetapi juga meningkatkan portfolio produk melalui pembiayaan multiguna. Data yang diperoleh dari ketiga solusi tersebut berasal dari report mengenai bisnis multi-finance yang diterbitkan oleh BCG dan juga melakukan survei kepada kaum millennials.

Tim Three Musketeers meraih Juara 1 dengan mendapatkan sertifikat, hadiah uang tunai sebesar Rp10.000.000, hadiah jalan-jalan Trip ke Thailand, dan Direct offer MT di Mandiri Tunas Finance. “Bersyukur dan senang karena dapat memberikan solusi yang semoga bermanfaat untuk strategi perusahaan MTF kedepannya. Karena waktu itu, kita ditonton oleh direksi & karyawan perusahaan,” kata Dharmadi Gusanto.

Selain itu, dua rekan tim Three Musketeers memberikan tanggapannya terhadap kejuaraan ini. “Sungguh tidak pernah menyangka bahwa kami bisa menjadi pemenang dalam kompetisi ini setelah melalui proses seleksi yang panjang, melibatkan 200 lebih peserta. Kemenangan ini tentu menjadi motivasi kami untuk belajar lebih giat lagi dan tentunya mendorong teman teman lain di FEB UI untuk berani dan mencoba hal baru” tutur Alberto Dhammavirya.

“Tentunya sangat bersyukur dengan pencapaian yang kami raih. Hal ini juga dapat terjadi berkat bantuan dari berbagai pihak. Dari lomba ini, kami belajar untuk terus rendah hati, semangat, dan sabar dalam menghadapi setiap tantangan. Mengingat ada ratusan tim lainnya juga yang mendaftar dari berbagai universitas top di Indonesia,” ujar Nathanael Abednego.

 

Berikut tanggapan dari masing-masing Ketua Program Studi S-1 Ilmu Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi FEB UI atas kemenangan tim Three Musketeers

“Selamat kepada mahasiswa Ilmu Ekonomi FEB UI dan tim Three Musketeers. Apresiasi tinggi untuk prestasi yang membanggakan kami semua. Bahwa ilmu, pengetahuan, dan bakat bisa menembus sekat-sekat disiplin ilmu. Terus berkarya dan bermanfaat bagi masyarakat. Proficiat!,” jelas Chaikal Nuryakin, Ph.D., selaku Kaprodi S-1 Reguler Ilmu Ekonomi.

“Selamat kepada mahasiswa Manajemen dan tim Three Musketeers, prestasi yang membanggakan, FEB UI tentu harus terus menguatkan dukungan terhadap bibit-bibit kompetisi unggul yang dimiliki oleh mahasiswanya. Dukungan kepada mereka harus sistemik sehingga hasil yang membanggakan seperti ini terus bisa dipanen di kemudian hari,” pangkas Athor Subroto, Ph.D., selaku Kaprodi S-1 Reguler Manajemen.

“Kami sangat mendorong agar mahasiswa aktif mengikuti kompetisi di berbagai bidang. Melalui kompetisi, mahasiswa akan terlatih bekerja sama dalam tim, berpikir kritis dan inovatif serta membangun jejaring. Salah satu mahasiswa yang menjadi anggota tim Three Musketeers adalah Nathanael Abednego, mahasiswa S-1 Reguler Akuntansi FEBUI angkatan 2015 yang sudah membuktikan dan mengharukan nama UI khususnya FEB UI yang berhasil menjadi Juara 1 The 1st MTF Business Case Competition,” tutur Dr. Dyah Setyaningrum selaku Kaprodi S-1 Reguler Akuntansi. (Des)

 

 

 

Leave a Reply