Belajar Ilmu Kependudukan Lebih Seru dengan Credit Earning Program di MEKK FEB UI

Belajar Ilmu Kependudukan Lebih Seru dengan Credit Earning Program di MEKK FEB UI

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – Program Magister Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) kembali membuka Program Perolehan Kredit atau Credit Earning Program (CEP) di tahun ajaran 2019. CEP merupakan program gagasan Magister Ekonomi Kependudukan dan Ketenagakerjaan (MEKK) FEB UI terhadap mereka yang antusias dengan isu kependudukan dan ekonomi.

CEP bisa ditempuh minimal satu semester dan akan memperoleh riwayat akademik dan transkrip nilai dari Universitas Indonesia. Mata kuliah yang diikuti dapat ditransferkreditkan bila melanjutkan program S-2 MEKK FEB UI. Beberapa mata kuliah yang ditawarkan melalui CEP adalah Generational Economy/National Transfer Account (NTA), Ekonomi dan Demografi Kesehatan, serta Bisnis Demografi.

Mata kuliah NTA bertujuan agar mahasiswa mampu menganalisis dampak perubahan struktur umur penduduk terhadap perekonomian nasional dengan menggunakan metode penghitungan NTA. Metode tersebut mengukur pendapatan, konsumsi, transfer, serta realokasi aset yang dilakukan sepanjang siklus hidup.

Mata kuliah Ekonomi dan Demografi Kesehatan bertujuan untuk memberikan pemahaman dalam hal menganalisis dan memahami fenomena demografi-kesehatan dengan pendekatan teori ekonomi. Pembahasan topik-topik demografi dan kesehatan mencakup berbagai isu klasik, seperti permintaan dan penawaran kesehatan dan layanan kesehatan (health and health care), peran pemerintah, maupun isu termutakhir seperti sistem jaminan kesehatan nasional dan jaminan kesehatan bagi penduduk tua (aging population) dan behavioral economics.

Sedangkan mata kuliah Bisnis Demografi bertujuan agar mahasiswa mampu menganalisis dinamika penduduk untuk kepentingan keputusan bisnis, dengan menggunakan pendekatan teori behavior economics dan consumer behavior yang diaplikasikan pada perubahan demografis dan informasi lain yang berhubungan.

MEKK FEB UI merupakan Program Studi Jenjang Magister (S-2) terapan di bawah naungan Departemen Ilmu Ekonomi. Program MEKK FEB UI berdiri sejak 1988 dan memperoleh predikat tertinggi A dari Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (SK Nomor 154/SK/BAN-PT/Akred/MV/2014).

Program Magister ini bertujuan mengembangkan pengetahuan demografi, kependudukan, dan ketenagakerjaan melalui riset yang inovatif, berbasis pada teori ekonomi untuk memecahkan masalah kependudukan dan ketenagakerjaan, serta merancang rekomendasi kebijakan terkait untuk kepentingan Indonesia dan menjunjung tinggi etika akademik dan integritas keilmuan.

MEKK FEB UI memiliki kelas reguler dengan masa studi 2 tahun atau 4 semester. Saat mahasiswa memasuki semester ketiga, mereka dapat memilih antara dua jalur peminatan, yaitu Demografi Formal dan Ekonomi Ketenagakerjaan. Peminatan Demografi Formal bertujuan menghasilkan kompetensi analisis, pengembangan teori dan teknik demografi lanjutan sebagai alat analisis berbagai masalah kependudukan dan ketenagakerjaan.

Kemudian, Ekonomi Ketenagakerjaan bertujuan menghasilkan kompetensi berupa kemampuan analisis dan pengembangan teori ekonomi bidang kependudukan dan ketenagakerjaan, termasuk isu penawaran tenaga kerja, pengangguran, kebijakan ketenagakerjaan, kaitan perekonomian makro, dan pasar tenaga kerja.

Beragam torehan prestasi yang pernah diraih oleh MEKK FEB UI salah satunya adalah mahasiswa MEKK memenangkan dua Best Paper sekaligus pada Konferensi ICAEP di University of Malaya. Prestasi tersebut terus dipertahankan oleh mahasiswa MEKK FEB UI, di mana pada 2018 Best Paper juga dimenangkan oleh dua mahasiswa MEKK pada konferensi yang sama.

Lulusan dari MEKK FEB UI saat di dunia kerja nanti akan kembali bertugas pada instansinya masing-masing dengan modal pengetahuan dan kemampuan mumpuni, berdasarkan apa yang diperoleh selama menempuh pendidikan di MEKK FEB UI, baik secara praktik maupun teori.

Sebagian besar mahasiswa MEKK FEB UI merupakan bagian dari program kerja sama dengan lembaga terkait seperti BPS, BKKBN, BAPPENAS, Kemenaker, dan Kemenkes. Program MEKK FEB UI sangat terbuka bagi calon mahasiswa di luar program kerja sama yang ingin menempuh pendidikan terkait ekonomi kependudukan dan ketenagakerjaan.

Jika dibandingkan dengan program serupa di universitas lain, MEKK FEB UI memiliki beberapa keunggulan, antara lain kompetensi utama sesuai dengan orientasi akademik dan aplikasi profesi yang dituangkan dalam mata kuliah penduduk dan pembangunan, teknik dan analisis demografi 1, mobilitas penduduk, statistika dan aplikasi komputer, ekonometrika, fertilitas mortalitas dan KB, dan studi ketenagakerjaan.

Selain itu, MEKK FEB UI juga memberikan kompetensi pendukung pengembangan kemampuan analisis spesialis yang sesuai dengan kebutuhan pasar dan isu strategis saat ini.

Manfaat lain yang diperoleh jika menjadi mahasiswa MEKK FEB UI adalah kurikulum yang mencakup perkuliahan, penelitian, dan penulisan hasil penelitian untuk menunjang berbagai kompetensi yang mampu mengevaluasi permasalahan demografi, kependudukan, dan ketenagakerjaan.

Mahasiswa diajarkan oleh dosen yang berkompeten di bidangnya dengan berbagai pengalaman dan memiliki afiliasi sebagai peneliti dan praktisi. Gedung MEKK FEB UI terintegrasi dengan Lembaga Demografi FEB UI, sehingga memberikan kemudahan interaksi mahasiswa dan dosen dalam mengembangkan penelitian dan juga untuk exposure terhadap isu terkini bidang kependudukan dan ketenagakerjaan.

Selain itu, tersedianya berbagai dana hibah untuk penelitian baik dari lingkup Departemen Ilmu Ekonomi FEB UI, FEB UI maupun UI dan DIKTI, membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk melakukan pengembangan penelitian karya ilmiahnya serta berpartisipasi dalam konferensi akademis, baik nasional maupun internasional.

Sarana prasana memadai seperti laboratorium komputasi yang dilengkapi dengan internet dan software serta sarana pendukung lainnya yang tersedia di UI khususnya FEB UI cukup memberi kemudahan mahasiswa dalam proses belajar mengajar.

Daftarkan diri Anda untuk menjadi calon mahasiswa Magister Ekonomi Kependudukan dan Ketenagakerjaan FEB UI melalui http://www.penerimaan.ui.ac.id atau simak.ui.ac.id. Ikuti juga tes SIMAK UI untuk Jenjang Magister yang akan dibuka pada Februari 2019.

Khusus untuk prosedur pendaftaran CEP bisa menghubungi sekretariat MEKK FEB UI melalui email pasduduk08@yahoo.com atau menghubungi nomor telepon 021-787510.

Calon mahasiswa harus mengisi formulir pendaftaran CEP dan mengembalikan formulir tersebut kepada sekretariat MEKK FEB UI dengan melampirkan legalisir Ijazah S-1 dan surat keterangan bekerja dari instansi tempat kerja.

Untuk syarat mendaftar CEP adalah mahasiswa lulusan S-1 atau sederajat, memiliki pengetahuan tentang Teori Ekonomi Mikro dan Makro, dan bukan sebagai mahasiswa aktif MEKK FEB UI. (Des)