FEB UI Paparkan Seluk Beluk Kondisi Bisnis, Budaya, dan Perekonomian di Indonesia kepada IIMB India

FEB UI Paparkan Seluk Beluk Kondisi Bisnis, Budaya, dan Perekonomian di Indonesia kepada IIMB India

 

Nabila Jasmintia ~ International Office FEB UI

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – Internasional Office Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia menerima kunjungan dari Indian Institute of Management Bangalore (IIMB) India sebagai kegiatan Student Immersion dengan tema “Business Planning for International Program” yang berlangsung di ruang Soenario Kolopaking, Gedung Dekanat, pada Senin (3/12/2018).

Kunjungan ini bertujuan untuk mempelajari kondisi pasar di negara berkembang, lebih khusus di Indonesia. Selain itu, program ini juga menjadi wadah bagi mahasiswa master IIMB untuk mengenal budaya dan masyarakat Indonesia.

Di dalam kegiatan ini dibuka dengan sambutan dari FEB UI yang diwakili oleh Athor Subroto, Ph.D., sebagai Ketua Program Studi Sarjana Manajemen FEB UI dilanjutkan dengan presentasi mengenai profil FEB UI oleh Muthia Pramesti, M.M., CFP sebagai Kepala International Office FEB UI. Selain itu, sambutan dari delegasi IIMB yang diwakili oleh Prof. Padmini Srinivasan selaku Koordinator Program BIPM.

Kegiatan hari pertama diselenggarakan dengan pemaparan beberapa topik mengenai Indonesia,  Pemasaran Internasional dan Profil Industri di Indonesia.

Topik pertama yang dibahas bertema “International Marketing – Indonesia Profile: How to Build Bilateral Cooperation Between Indonesia and India” yang disampaikan oleh Aswin Hadisumarto, S.E., M.A., mengatakan bahwa pemasaran internasional yaitu pergeseran arah fokus pemasaran dan positioning perusahaan dalam value chain untuk meningkatkan value creation.

Sementara itu, strategi ekspansi global serta dampak terjadinya revolusi industri keempat yang mengandalkan digitalisasi, automatisasi, dan robot. “Kedua hal tersebut merupakan jembatan untuk membangun strategi pemasaran internasional di masa yang akan mendatang,” ucap Aswin.

Pada sesi kedua,  mahasiswa IIMB mendengarkan pemaparan mengenai Indonesia dalam aspek sejarah, ragam budaya dan keunikannya, yang disampaikan oleh Muthia Pramesti, M.M., CFP. Pada kesempatan ini, dijelaskan secara runut sejarah Indonesia sebelum dan sesudah kemerdekaan, lalu dilanjutkan mengenai keragaman budaya yang dimiliki Indonesia. Dalam sesi ini, mahasiswa IIMB diberikan tantangan untuk menjawab pertanyaan yang terkait profil Indonesia. Dengan sangat memukau, mereka berhasil untuk memberikan jawaban yang benar.

Sesi selanjutnya, membahas  mengenai kebijakan industri di Indonesia, yang disampaikan oleh T.M. Zakir Machmud, Ph.D., selaku Kepala UKM Center FEB UI. Materi kali ini menjelaskan faktor-faktor pendorong pertumbuhan ekonomi, struktur industri manufaktur Indonesia, dan sejarah kebijakan industri.

“Perekonomian Indonesia diduga akan bergeser menuju sektor jasa sehingga Indonesia perlu menciptakan lapangan pekerjaan dan membangkitkan kembali industri manufaktur. Terlebih lagi kini revolusi industri 4.0 juga menjadi tren global, sekaligus tantangan,” tutup Zakir Machmud sebagai pemateri terakhir dalam acara ini.

Rangkaian acara program ini berlangsung pada tanggal 3 – 8 Desember 2018. Kegiatan ini dilengkapi oleh beberapa agenda studi lapangan ke beberapa perusahaan,  diantaranya:  PT. Indorama.Tbk., Bank Syariah Mandiri, PT. Bakrie,  Gallery Indonesia Wow dan Pusat Promosi Industri Kayu.

Sebagai pelegkap agenda kunjungan, mahasiswa IIMB mendatangi beberapa tempat wisata dan pusat perbelanjaan seperti Taman Mini Indonesia Indah, Musium Nasional (Musium Gajah), Grand Indonesia dan Thamrin City.

Kegiatan ini ditutup pada Sabtu,  8 Desember 2018, di sebuah restaurant bernama Little India,  dengan penyerahan kenang-kenangan dari FEB UI dan IIMB, serta sertifikat. (Des)