Tiga Universitas Mitra KKI FEB UI dari Australia Paparkan Informasi Seputar Dunia Kampus

Tiga Universitas Mitra KKI FEB UI dari Australia Paparkan Informasi Seputar Dunia Kampus

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – Kelas Khusus Internasional Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia menyelenggarakan Seminar Informasi Universitas Mitra yang berlangsung di ruang B.210, Gedung KKI, pada Jumat (30/11/2018).

Seminar ini dilakukan untuk memberikan informasi terhadap tiga universitas yang berasal dari Australia (University of Adelaide, University of Melbourne, University of New South Wales) yang merupakan bagian dari universitas mitra KKI FEB UI yang diperuntukkan bagi para orang tua mahasiswa KKI FEB UI.

Chrisia Iskandar selaku Incountry Representative University of Adelaide, mengatakan bahwa University of Adelaide merupakan universitas tertua ketiga di Australia yang terletak di kota Adelaide dan berdiri sejak 1874. Saat ini, University of Adelaide menempati ranking ke-109 dunia. Ranking tersebut dinilai karena jumlah international student terbilang masih sedikit sehubungan jumlah populasi penduduk setempat juga sedikit dan jumlah riset yang diterbitkan terbilang sedikit dibandingkan dengan universitas lainnya yang berada di Australia.

Program sarjana yang ditawarkan oleh University of Adelaide, meliputi engineering school, psychology, business school, medicine and health school, law school, art school, architecture and built environment, criminology, griculture and science

“Tahun ajaran 2019, bagi mahasiswa UI khususnya FEB UI yang ingin melakukan transfer study ke University of Adelaide memberikan harga potongan 25% saat semester 2 nanti. Selain itu, bagi mahasiswa yang mempunyai nilai IPK yang mendekati sempurna saat sudah menjadi mahasiswa di sana akan mendapatkan potongan 30% sampai 50%,” ucap Chrisia Iskandar.

Emmy Amalia selaku Country Officer University of Melbourne mengatakan juga bahwa Univesity of Melbourne merupakan universitas yang berlokasi di kota Melbourne, Australia dengan ranking ke-32 dunia dan menempati posisi pertama universitas terbaik di Australia yang berdiri sejak 1853. University of Melbourne memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh universitas-universitas lainnya, yaitu mata kuliah khusus ‘Breadth’ yang bisa dipilih oleh mahasiswa sebagai peminatan atau menambah keahlian.

“Bagi mahasiswa FEB UI yang ingin berkuliah di sana jangka waktu masa studi nya hanya 2 tahun. Jurusan yang ditawarkannya pun beragama, di antaranya accounting, economics, finance, marketing, management, and business. Syarat yang harus dipenuhi bagi calon mahasiswa, yaitu dilihat dari nilai semester 1-4 saat di KKI FEB UI, nilai IELTS sebesar 6,5, TOEFL sebesar 79, dan mahasiswa yang mendaftar harus dinominasikan atau diajukan oleh KKI FEB UI,” tutur Emmy Amalia.

Vonny Lisayani selaku Relationship Manager University of New South Wales (UNSW) menambahkan bahwa UNSW merupakan business school yang berlokasi di kota Sydney, Australia dengan ranking ke-45 dunia. UNSW memiliki perbedaan dengan universitas lainnya di Australia dilihat dari penghargaan-penghargaan yang diperoleh, antara lain More Top Entrepreneurs, Top Earner, Among the World’s Best, and Leading Innovation.

Selain itu, UNSW mempunyai ciri khas yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa dalam meningkatkan kemampuan di luar mata kuliah, yaitu exchange, global business practicum, social entrepreneurship practicum, clubs and socialities, volunteer opportunities, competitions, networking opportunities, business pulse, and business think.

“Bagi mahasiswa KKI FEB UI yang ingin mendaftar ke UNSW tidak memerlukan persyaratan IELTS maupun TOEFL, karena mahasiswa KKI FEB UI secara penuh sudah menguasai bahasa Inggris. Selain itu, masa studi yang ditempuh di UNSW nanti selama 2 tahun dan mendapat gelar Bachelor of Commerce,” tutup Vonny Lisayani sebagai pemateri presentasi terakhir dalam pertemuan ini. (Des)