Accounting without Borders 1.0: Immersion Program FEB UI dan Universiti Teknologi Mara Malaysia

Accounting without Borders 1.0: Immersion Program FEB UI dan Universiti Teknologi Mara Malaysia

 

Nabila Jasmintia ~ International Office FEB UI

DEPOK – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia menerima kunjungan dari Universiti Teknologi Mara, Malaysia dalam Program Accounting without Borders 1.0. Delegasi dari UiTM terdiri dari lima mahasiswa dan seorang dosen, Dr. Mohamad Ezrien Mohamad Kamal, berlangsung selama enam hari (4–9/11/2018).

Selama enam hari kunjungan, delegasi dari UiTM melakukan banyak kegiatan baik di dalam maupun luar kelas. Beberapa kegiatan kuliah yang mereka ikuti antara lain sit in di kelas Cost Accounting dan Intermediate Financial Accounting bersama mahasiswa akuntansi FEB UI. Kunjungan ke tiga perusahaan, yaitu KPMG, Bursa Efek Indonesia, dan GO-JEK juga diadakan. Dalam kunjungan perusahaan ini, mahasiswa FEB UI dan mahasiswa pertukaran pelajar juga turut serta.

Delegasi UiTM juga mengenal sejarah Jakarta dan Indonesia lebih jauh dengan mengunjungj Monumen Nasional dan Museum Fatahilah. Tak luput, kebudayaan Indonesia juga dipelajari oleh delegasi UiTM melalui kerajinan tangan dan keramik dalam kunjungan ke Rumah Keramik F. Widayanto Depok dan Galery Indonesia Wow di SMESCO.

Selain itu, terdapat juga sharing session antara mahasiswa UiTM dengan anggota Studi Profesionalisme Akuntan (SPA) FEB UI. Mereka berdiskusi mengenai program studi di universitas masing-masing serta kegiatan mahasisa yang diadakan.

Di akhir rangkaian acara, delegasi UiTM memberikan kesan dan pesan mereka selama mengikuti kegiatan. “Saya berharap kita dapat mengirim lebih banyak mahasiswa dan staf ke UI. Semoga akan ada lebih banyak program mobilitas seperti ini, termasuk program pertukaran mahasiswa,” ungkap Dr. Ezrien.

Salah satu mahasiswa UiTM yang berpartisipasi dalam program, Fadhil juga menambahkan, “Terima kasih untuk semuanya, saya sangat bersyukur dan merasa senang dengan segala kegiatan, akomodasi, dan makanan yang disajikan. Bila UI ada program pertukaran mahasiswa ke Malaysia, ikut ya. Kami dengan senang hati akan membantu kalian, insya Allah,” tutupnya. (Des)