Hally Hanafiah: Pengaruh Kriteria Pemilihan Mitra Terhadap Kinerja Perusahaan Penyedia Jasa Logistik di Indonesia

Hally Hanafiah: Pengaruh Kriteria Pemilihan Mitra Terhadap Kinerja Perusahaan Penyedia Jasa Logistik di Indonesia

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – Program Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia menyelenggarakan sidang terbuka Promosi Doktor Hally Hanafiah (1306417124), di gedung Pascasarjana pada Kamis (22/11/2018).

Sidang Promosi Doktor ini diketuai oleh Prof. Nachrowi Djalal Nachrowi, Ph.D., dengan pembimbing, Prof. Prijono Tjiptoherijanto, Ph.D. (Promotor), Dr. Setyo Hari Wijanto (Ko-Promotor 1), dan Dr. Anton Wachidin Widjaja (Ko-Promotor 2). Selaku tim penguji, Prof. Firmanzah, Ph.D. (Ketua Penguji), Budi W. Soetjipto, DBA, Dr. Nofrisel, RR Ratih Dyah Kusumastuti, Ph.D., dan Dr. Rizal Edy Halim.

Disertasi yang diangkat, berjudul “Pengaruh Kriteria Pemilihan Mitra Terhadap Kinerja Perusahaan Melalui Kolaborasi Rantai Pasok dan Keunggulan Kolaboratif” (Kajian Empiris: Perusahaan Penyedia Jasa Logistik di Indonesia). Kolaborasi rantai pasok telah banyak dilakukan namun tingkat ketidakstabilan dan kegagalan masih tinggi.

Salah satu faktornya ialah pemilihan mitra, di mana penelitian tentang hal ini masih sangat terbatas. Kurangnya literatur tentang pemilihan mitra merupakan dorongan untuk menguji pengaruh kriteria pemilihan mitra terhadap keberhasilan kolaborasi.

Studi sebelumnya dari mitra seleksi sebagian besar terbatas pada dua kelompok kriteria utama , yaitu the nation of task related motivation dan partner-related consideration. Karena penelitian ini berfokus pada kolaborasi rantai pasok di mana terjadi proses berbagi informasi dan risiko, maka penelitian ini akan mempergunakan kriteria partner technology competence dan partner supply chain risk yang menjadi faktor penentu keberhasilan kolaborasi rantai pasok.

Tujuan dari studi ini adalah menguji dan menentukan kriteria mitra yang paling dominan dalam pemilihan mitra guna menjamin kinerja perusahaan perusahaan melalui kolaborasi rantai rantai pasok. Penelitian ini juga akan menguji kontribusi kolaborasi rantai pasok terhadap kinerja perusahaan melalui keunggulan kolaboratif. Studi empiris ini merupakan penelitian kuantitatif melalui analisis deskriptif, model pengukuran, model struktural menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan skala 6-likert.

Sampel penelitian yang digunakan 151 perusahaan penyedia layanan logistik dalam kegiatan ekspor dan impor di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja perusahaan (firm performance) penyedia layanan logistik yang terlihat dalam kolaborasi yang dinilai dari kepuasan pelanggan sangat dipengaruhi oleh terbentuknya keunggulan kolaboratif dalam bentuk fleksibilitas penawaran layanan logistik.

Keuntungan kolaboratif tersebut sangat dipengaruhi oleh kegiatan kolaborasi rantai pasok dalam bentuk sinkronisasi keputusan yang terjadi selama kolaborasi. Sinkronisasi keputusan di antara mitra kolaborasi ini sangat ditentukan oleh dua kriteria primer berupa kesesuaian organisasional dalam bentuk pengalaman kolaborasi sebelumnya serta sumber daya saling melengkapi dalam bentuk kemampuan operasional logistik yang dimiliki oleh mitra kolaborasi.

Komitmen waktu dari anggota rantai pasok yang memperkuat kesesuaian organisasional di antara mitra serta kompetensi pemanfaatan teknologi informasi yang dapat meningkatkan kapabilitas operasional logistik merupakan dua kriteria sekunder yang menentukan proses pemilihan mitra kolaborasi oleh perusahaan penyedia layanan logistik. Sedangkan kriteria risiko rantai pasok mitra terbukti tidak memiliki pengaruh atau tidak dipertimbangkan oleh perusahaan penyedia jasa logistik dalam pemilihan mitra.

Dengan demikian, Dewan Pimpinan sidang terbuka promosi doktor memutuskan, Hally Hanafiah dinyatakan lulus dengan predikat Sangat Memuaskan dan berhasil mendapat gelar Doktor yang ke-266 Bidang Ilmu Manajemen dengan kekhususan Stratejik. Selamat kepada Dr. Hally Hanafiah! (Des)