Konsep Stewardship Sangat Relevan Diterapkan dalam Dunia Bisnis

Konsep Stewardship Sangat Relevan Diterapkan dalam Dunia Bisnis

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

JAKARTA – Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia menyelenggarakan Kuliah Tamu dengan mengangkat tema “Stewardship Leadership and Stewardship Asia” yang berlangsung di Auditorium MM-FEB UI, Selasa (13/11/2018).

Kuliah Tamu ini merupakan mata kuliah dari Manajemen Stratejik dengan dosen pengampu Dr. Manerep Pasaribu. Pemateri pada Kuliah Tamu ini ialah Dr. Ong Boon Hwee selaku Presiden Stewardship Asia. Stewardship merupakan teori yang menggambarkan situasi dimana para manajer tidaklah termotivasi oleh tujuan-tujuan individu tetapi lebih ditujukan pada sasaran hasil utama mereka untuk kepentingan organisasi.

Gagasan tentang stewardship tidak pernah lebih relevan dengan bisnis saat ini. Bisnis bukan hanya memaksimalkan nilai pemegang saham tetapi juga bagian dari masyarakat. Tata kelola perusahaan bisnis harus sesuai dengan kinerja, sehingga kepemilikan jangka panjang menjadi relevan dan sukses serta berkelanjutan.

“Dunia sedang mengalami periode perubahan yang belum pernah terjadi sebelumnya yang dicirikan oleh populasi dan urbanisasi meningkat, pertumbuhan ekonomi yang cepat. Selain itu, pelebaran kesenjangan ekonomi dan sosial, inovasi teknologi, perubahan iklim (degradasi lingkungan), menekan kesehatan dan masalah yang berkaitan dengan usia, kerangka kerja yang ada mengarah pada hasil yang tidak berkelanjutan,” ucap Ong Boon Hwee.

Elemen kunci dari paradigma yang mendukung stewardship dan keberlanjutan, seperti pemimpin yang berpikiran maju yang berkeinginan untuk mengorbankan keuntungan jangka pendek demi mendapatkan keuntungan jangka panjang. Selain itu, bisnis haruslah etis dan bertanggung jawab dalam memenuhi kewajiban mereka kepada masyarakat.

Selain itu, stewardship dan pembangunan berkelanjutan berjalan seiring dengan melibatkan orientasi yang berfokus pada jangka panjang bahkan untuk generasi mendatang. Konsep tersebut memprioritaskan kebaikan bersama dan merangkul gagasan bahwa kita bersama-sama bertanggung jawab atas dunia masa depan.

“Dengan demikian, saat ini lingkungan bisnis dihadapkan dengan keadaan dunia yang cepat berubah, maka perlu diterapkan konsep stewardship dalam menjalankan bisnis agar menjadi lebih relevan dan penting. Bisnis yang dikelola dengan baik muncul dari waktu ke waktu sebagai perusahaan yang bergerak maju dan berorientasi ke depan serta dapat beradaptasi,” tutupnya. (Des)

 

 

 

 

Leave a Reply