FEB UI Adakan Pelatihan Turnitin bagi Dosen dan Karyawan

FEB UI Adakan Pelatihan Turnitin bagi Dosen dan Karyawan

 

Saskia Ananda ~ Humas FEB UI

DEPOK ─ Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia menyelenggarakan pelatihan bagi dosen dan karyawan dalam penggunaan website Turnitin yang berlangsung di Laboratorium Komputer, Gedung A, pada Selasa (23/10/2018).

Pelatihan ini dilaksanakan langsung oleh pihak Turnitin Indonesia. Turnitin atau ‘Turn-it-in’ adalah sebuah website yang dapat digunakan oleh guru atau dosen yang menyediakan fasilitas untuk mendeteksi tindakan plagiasi atau plagiat terhadap suatu karya yang keaslian atau autentifikasinya harus diuji. Program ini akan mendeteksi berapa persen tingkat copy paste yang dilakukan oleh mahasiswa.

Dalam pelatihan ini para dosen dan karyawan diperkenalkan kepada website Turnitin dan dibantu dalam pembuatan akun. Setelah membuat akun, seluruh peserta pelatihan dibantu untuk log in dan add class. Setelah kelas telah terbentuk di website Turnitin, dosen dapat add assignment. Pada pelatihan ini para dosen dan karyawan juga diajarkan bagaimana cara upload paper dan melihat berapa persen plagiasi yang ada di suatu paper.

Kalimat-kalimat pada paper yang menunjukan plagiat akan diwarnai dengan warna yang berbeda-beda. Warna hitam menunjukan tidak adanya plagiasi pada tulisan tersebut, warna merah menunjukan adanya plagiasi pada tulisan tersebut. Program ini dapat mendeteksi plagiasi bahkan jika hanya satu kalimat.

Turnitin.com merupakan website yang efektif untuk mendeteksi plagiasi karya berbentuk tulisan, website ini juga merupakan solusi cepat untuk melakukan penilaian, dan website ini membuat pekerjaan mengoreksi menjadi lebih efektif dan efisien. (Des)