FEB UI Adakan Pelatihan Mendeley Bagi Asisten Dosen PKBTPA

FEB UI Adakan Pelatihan Mendeley Bagi Asisten Dosen PKBTPA

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – Biro Pendidikan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia mengadakan pelatihan bagi asisten dosen mengenai asistensi mata kuliah Pengantar Komunikasi Bisnis dan Teknik Penulisan Akademik (PKBTPA) yang berlangsung di Laboratorium Komputer, Gedung A, pada Rabu (10/10/2018).

Pelatihan ini dibuka oleh Wardatul Adawiyah, S.E., MBA selaku Manajer Pendidikan. Materi yang diajarkan untuk asisten dosen ini terdiri dari Mendeley, Daftar Isi, dan Infografis sebagai pendukung dan membantu mahasiswa dalam pembuatan makalah, skripsi, ataupun sejenisnya.

Di dalam mata kuliah PKBTPA tugas mahasiswa FEB UI salah satunya membuat esai. Proses pembuatan esai harus menggunakan referensi dan mengutip daftar pustakanya. Mendeley ini merupakan salah satu software yang bisa digunakan untuk membuat referensi. Penggunaannya pun sekarang tidak dilakukan secara manual tetapi menggunakan sistem melalui mendeley.

Selain itu, daftar isi sangatlah penting dalam pembutan esai, makalah, bahkan skripsi. Selama ini mahasiswa FEB UI dalam pembutan daftar isi di Microsoft Word masih menggunakan secara manual. “Untuk itu, asisten dosen diajarkan/dibekali bagaimana caranya membuat daftar isi tidak secara manual lagi, sehingga mempercepat dan mempermudah mahasiswa,” kata Panggah Tri Wicaksono.

Tak hanya itu, infografis juga bisa digunakan sebagai media penyampaian informasi terkait esai. Untuk itu, asisten dosen dibekali bagaimana caranya menyampaikan informasi melalui media yang berbeda.

Dengan demikian, pelatihan ini bermanfaat untuk asisten dosen yang nantinya bisa mengajarkan mahasiswa dengan baik terkait Mendeley, Daftar Isi, dan Infografis. “Mereka juga bisa memanfaatkan ilmu ini untuk dirinya sendiri,” tutup Panggah. (Des)