Dosen FEB UI Menangkan Juara Pertama dan Keempat pada Ajang LPS Research Day

Dosen FEB UI Menangkan Juara Pertama dan Keempat pada Ajang LPS Research Day

 

Delli Asterina – Humas FEB UI

DEPOK – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia kembali bangga atas torehan juara dosen FEB UI di ajang LPS Research Day 2018. Acara yang diselenggarakan pada hari Selasa, 25 September 2018 di Hotel JS Luwansa and Convention Center itu dihadiri oleh beberapa perwakilan berbagai perguruan tinggi di Indonesia, stakeholder LPS, Perwakilan Bank-Bank bahkan researcher dari nasional dan Internasional.

Pemenang pertama dianugrahkan kepada Chaikal Nuryakin, Ph.D dosen FEB UI sekaligus Kepala Program Studi Ilmu Ekonomi FEB UI dan Natanael Waraney Gerald Massie dari mahasiswa Program Studi Ilmu Ekonomi.

“Judul paper research yang kami tulis ialah Banking Stability Using Behavioral Economics Approach : Case of Premium Deposito. Alhamdulillah, kami memenangkan juara pertama. Saya menulis ini juga dibantu oleh mahasiswa tingkat akhir S1 Ilmu Ekonomi FEB UI, bisa dikatakan kita perlu bangga juga terhadap kualitas mahasiswa FEB UI,” ujar Chaikal saat ditemui di Departemen Ilmu Ekonomi.

Chaikal juga menuturkan bahwa paper ini berguna bagi LPS terutama menyangkut makroekonomi dan karakteristik premium deposito seperti risk avers atau risk taker bahkan time preference bagi premium deposito. Karena premium deposito memegang hampir 70-80% majority dana pihak ketiga.

Dari 45 proposal yang telah di submit oleh researcher dari berbagai universitas di Indonesia. Hanya 8 proposal riset yang didanai LPS. Chaikal dan Natanael meraih 1st Winner Best Paper LPS Call For Research. Tidak hanya itu, torehan prestasi dosen FEB UI juga diraih oleh Prof. Irwan Adi Ekaputra yang juga selaku Guru besar FEB UI sekaligus Kepala Program Studi Pascasarjana Ilmu Manajemen dan Titi Dewi Warnida dari mahasiswa S3 Ilmu Manajemen FEB UI. Irwan dan Titi meraih 4th Winner LPS Best Paper Award 2018.

Judul paper yang ditulis Irwan dan Titi mengenai Impact of Profit-Loss Sharing System on Islamic Bank Stability. Menganalisis pengaruh profit-loss sharing system pada sisi aset (pembiayaan Mudarabah dan Musharakah) dan liabilitas (simpanan Mudarabah) terhadap stabilitas bank syariah.

“Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi bank syariah dalam meningkatkan stabilitasnya dan bagi LPS sebagai pembuat kebijakan dalam memelihara stabilitas perbankan Indonesia. Penelitian yang dilakukan menggunakan data laporan keuangan bank syariah di Indonesia,” ucap Titi.

“Semoga paper ini dapat dipublikasikan di jurnal internasional,” tutupnya.
Hadiah bagi para pemenang best paper tersebut sebesar Rp50.000.000, untuk pendanaan penelitian, piagam penghargaan dan plakat prestasi. (Des)