Program Studi S-1 Manajemen FEB UI Berhasil Memperoleh Akreditasi AUN-QA

Program Studi S-1 Manajemen FEB UI Berhasil Memperoleh Akreditasi AUN-QA

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – ASEAN University Network Quality Assurance (AUN-QA) merupakan sebuah assessment internasional jejaring universitas di ASEAN yang mempunyai tujuan utama untuk memperkuat dan memperluas kerjasama di bidang pendidikan tinggi serta menjamin mutu pendidikan program studi.

Assessment ini dilakukan secara mandiri (self assessment) dengan melakukan penulisan SAR (Self-Assesment Report). Proses ini diikuti dengan konfirmasi kelengkapan dokumen dan menentukan Action for Improvement terhadap hasil SAR. Setelah itu barulah akan dilakukan proses visitasi oleh tim reviewer dari anggota AUN yang berasal dari negara ASEAN lainnya untuk memberikan masukan terhadap self assessment yang telah dilakukan.

Indonesia mempunyai lima perguruan tinggi yang menjadi anggota AUN dan mendapatkan assessment AUN-QA tiap tahunnya yaitu Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung, Universitas Airlangga, dan Institut Teknologi Sepuluh November.

Universitas Indonesia khususnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis pada Program Studi S-1 Manajemen menyelenggarakan visitasi penilaian AUN-QA yang berlangsung selama dua hari (10–12/4/2018).

Bertindak sebagai tim assessor, yaitu Prof. Dr. Fauza Ab. Ghaffar yang berasal dari University of Malaya dan Prof. Dr. Patricia Empleo yang berasal dari University of Santo Tomas. Tim Assessor memutuskan bahwa Prodi S-1 Manajemen FEB UI berhasil memperoleh hasil penilaian AUN-QA yang berlaku selama lima tahun terhitung sejak 12 Mei 2018 – 11 Mei 2023.

Dengan demikian, ini salah satu bentuk pemantauan kualitas dari AUN-QA yang berusaha melakukan pengukuran secara sistematis, terstruktur, dan berkesinambungan terhadap universitas-universitas anggotanya. (Des)